in: News | September 13, 2012 | by: Bimanto

Apple Lightning Hanyalah Interface Baru

Selamat datang iPhone 5! Inilah yang bisa kami katakan semalam ketika Apple meluncurkan smartphone terbarunya pada acara yang berlangsung di San Francisco, Amerika Serikat. Harus kami akui, peluncuran iPhone 5 ini adalah event yang sangat ditunggu-tunggu dan menarik perhatian masyarakat di seluruh dunia, mengingat selama ini kabar yang beredar di Internet hanyalah gambar mulai dari bentuk, spesifikasi, konektor dan lain sebagainya.

Satu hal yang sedikit mengundang tanda tanya kami setelah peluncuran ini berakhir adalah konektor baru yang disebut sebagai Lightning. Sebagian orang yang kami baca komentarnya di Internet terkagum-kagum dengan konektor baru ini. Karena hal itulah, kami mencoba mencari tahu apa saja keunggulan konektor terbaru ini di bandingkan sebelumnya.

Saat presentasi perkenalan Lightning, kami tidak menemukan kelebihannya di bandingkan konektor sebelumnya. Dalam slide yang ditampilkan Apple saat acara, tidak ada hal yang menunjukkan bahwa konektor terbaru tersebut memiliki kemampuan lebih, misalnya dapat mendukung fungsi video out. Apple hanya menyatakan bahwa konektor ini lebih kecil 80 persen di banding sebelumnya yang akhirnya memungkinkan Apple membuat perangkat yang lebih tipis.

Setelah menelusuri lebih jauh ternyata Lightning tidak akan membuat transfer rate data berlangsung dengan cepat. Kami dapat mengatakan hal itu karena melihat informasi yang ada di Apple Store, kami menemukan bahwa kabel yang tawarkan hanyalah “Lightning to USB Cable” yang hanya mensupport transfer data dengan kecepatan USB 2.0 bukan USB3.0.

Menurut kami, Apple melakukan sebuah langkah yang berani dengan mengganti konektor tersebut. Bisa dikatakan aksesoris bagi perangkat Apple seperti audio dock yang pastinya berharga mahal tidak dapat digunakan lagi kecuali Anda membeli adapter tambahan. Menurut pantauan kami adapter dan kabel tersebut tidaklah murah, untuk sebuah adapter “Lightning to 30 Pin” berharga USD 29. Sedangkan kabel “Lightning to 30 Pin” berharga USD 39.

Perubahan ini pastinya akan mendapatkan dampak yang baik bagi Apple, tetapi  tampaknya tidak bagi pengguna perangkat mobile Apple. Mereka harus mengeluarkan dana lebih untuk dapat menggunakan konektor Lightning yang tidak lebih dari sebuah nama interface baru.

 

Tags:

Share This:

Comments

RANDOM ARTICLES