in: News - Otomotif | September 15, 2012 | by: Ernest Dimitria

Apple Maps Hadir di iPhone 5 untuk Mengungguli Google

Peluncuran generasi terbaru iPhone merupakan saat yang ditunggu-tunggu dan perkenalan iPhone 5 pun mendapat respon yang beragam. Dukungan terhadap jaringan LTE dan kehadiran prosesor A6 memberikan peningkatan kecepatan pengalaman browsing, serta pengoperasian smartphone secara menyeluruh. Namun, bagaimana dengan layarnya yang diperbesar menjadi 4 inci? Apakah fungsinya hanya terbatas kepada penempatan satu baris aplikasi tambahan?

Jawaban dari pertanyaannya tersebut hadir dalam bentuk Apple Maps, aplikasi navigasi mengemudi yang dikembangkan untuk bersaing dengan Google Maps. Aplikasi baru besutan Apple itu pun memanfaatkan layar 4 inci iPhone 5 untuk tampilan navigasi dan animasi yang mampu memberi informasi mendetail mengenai kondisi lalu lintas.

Apple tidak lupa mengawinkan aplikasi Maps mereka dengan “asisten pribadi” pengguna iPhone, Siri. Perpaduan antara dua aplikasi tersebut melahirkan salah satu fitur unggulan Apple Maps, yaitu turn-by-turn navigation yang memandu setiap langkah perjalanan pengguna. Sama seperti sejumlah sistem navigasi kendaraan yang sudah beredar, Apple Maps juga menampilkan arah perjalanan dalam animasi 3D dan informasi lalu lintas secara real-time.

Seperti dilansir Autoblog, masalah yang muncul sehubungan dengan integrasi iPhone 5 dengan sistem infotainment kendaraan diakibatkan oleh perubanan konektor 30 pin menjadi Lightning. Isu kompatibilitas masih bisa diselesaikan menggunakan adapter, tetapi integrasi yang terjadi antaranya iPhone 5 dengan sistem infotainment belum tentu maksimal, khususnya di beberapa model kendaraan yang masih memanfaatkan sinyal analog.

Aplikasi baru besutan Apple itu tersedia dalam iOS 6 yang menjadi sistem operasi bawaan iPhone 5, serta di sejumlah perangkat lain yang kompatibel mulai tanggal 19 September. Belum ada informasi mengenai ketersediaan Apple Maps di Indonesia. Mungkinkah aplikasi navigasi dari Apple tersebut dapat mengungguli Google Maps?

Tags:

Share This:

Comments

RANDOM ARTICLES