in: Graphics Card - News | September 28, 2012 | by: Ridwan Fariz

ASUS Memperkenalkan Graphics Card ROG Matrix HD 7970 Platinum

ASUS akhirnya mengumumkan graphics card flagship AMD-nya, yaitu Matrix HD 7970 Platinum. Setelah sebelumnya graphics card ini sudah menunjukkan wujudnya pada beberapa event teknologi beberapa waktu lalu, dan pada pelaksanaannya ASUS menggunakan chip GPU HD 7970 GHz Edition ASIC, yang sudah memiliki feature PowerTune dan juga Boost Technology.

ASUS merilis varian Matrix untuk HD 7970 ini  kedalam dua tipe, yaitu ROG Matrix HD 7970 dengan Base clock 1000 MHz, Boost clock 1050 MHz, dan Memory clock 6600 MHz (efektif). Sedangkan untuk tipe Platinum-nya ASUS memberikan clock yang sedikit lebih tinggi, dengan Base 1050 MHz dan Boost hingga 1100 MHz. Graphics card ini sendiri sudah dipersenjatai ASUS dengan komponen berkualitas tinggi, seperti 20 fasa VRM dengan suplai daya dari dua buah 8-pin PCIe power connector, VRM ini memiliki feature manual Load Line Calibration (LLC) yang akan sangat berguna saat melakukan sesi overclocking.

Feature lain yang sudah tersedia pada graphics card untuk para ekstrim user ini antara lain VGA Hotwire yang terdapat pada PCB graphics card ini, yang mengizinkan penggunanya untuk melakukan manual tuning voltase secara hardware. ASUS sendiri sudah memberikan software untuk mengatur voltase graphics card ini menggunakan GPU Tweak, namun hanya terbatas hingga 1.3V saja. Dengan LN2 Mode Switch yang terdapat pada PCB, graphics card bisa menggunakan BIOS yang sudah di optimalkan untuk penggunaan pendingin ekstrim. Dan seperti pada seri Matrix sebelumnya, graphics card ini juga memiliki tombol override 100% fan speed, yang bisa memaksimalkan putaran RPM kipas tanpa memerlukan bantuan software lagi. Menurut sumber yang kami dapatkan, graphics card ini akan dibandrol dengan harga mulai dari US $490.

Tags: