Canon EOS 6D vs Nikon D600 vs Sony SLT A99

Reading time:
September 19, 2012

Dalam kurun waktu satu minggu, tiga produsen terbesar kamera digital meluncurkan DSLR fullframe dengan harga yang relatif terjangkau. Canon, Nikon, dan Sony, semuanya meluncurkan kamera sensor besar dengan harga USD 2000-an.

Harga tersebut mungkin terlihat tinggi, tapi perlu diingat bahwa harga pasar dalam kurun waktu 3 bulan sejak peluncuran biasanya lebih rendah dari harga awal. Karena itu, ketiga kamera ini merupakan pilihan yang menarik bukan hanya untuk fotografer profesional, tetapi juga Anda yang ingin memulai hobi fotografi.

Namun, sebenarnya produk dari merek mana yang menawarkan pilihan terbaik? Kami membandingkan spesifikasi ketiga kamera terkini ini.

Screen Shot 2012 09 18 at 12.59.21 PM

Feature Utama

Untitled 1

Feature utama sebuah kamera tentu adalah untuk merekam foto dan video, karena itu mari kita teliti feature ketiga kamera ini. Nikon D600 dan Sony A99 menggunakan sensor yang sama yang memberikan resolusi lebih tinggi dari sensor Canon 6D. Tetapi, A99 termasuk menonjol dengan kemampuannya merekam video 60fps pada resolusi 1080p. Dengan kemampuan ini, video hasil rekaman A99 dapat diedit dengan lebih baik menjadi video slow motion. Sony juga unggul dengan adanya mic stereo terintegrasi.

Sebaliknya, Canon 6D menonjol dengan kemampuan ISO tinggi. Dengan rentang ISO sampai 102.400, EOS 6D memungkinkan Anda memotret sampai 2 stop lebih cepat dari Nikon D600 atau Sony A99.

Nikon D600 tak mau kalah dengan menawarkan built-in flash. Built-in flash meningkatkan kenyamanan penggunaan karena Anda tak harus membawa-bawa flash setiap Anda bepergian. Built-in flash juga dapat digunakan untuk mengendalikan flash Nikon Speedlight secara wireless. Hal ini tentu menghemat biaya karena Anda tidak perlu membeli commander extra.

Kesimpulan: Sony A99 unggul dalam perekaman video, sementara Nikon D600 unggul dalam feature pemotretan.

Desain Body & Ergonomi

Untitled 2

Bentuk ketiga kamera ini sekilas serupa, tetapi menyimpan banyak perbedaan jika diteliti lebih dalam. Contohnya, Sony A99 adalah satu-satunya yang menawarkan peredam getar pada body kamera. Dengan feature ini, Anda akan dapat menikmati peredam getar dengan lensa apapun yang Anda gunakan. Tetapi feature ini juga terkenal membuat sensor cepat panas pada tipe-tipe sebelumnya. Semoga saja tidak demikian halnya dengan A99.

A99 juga satu-satunya kamera menawarkan LCD flip-twist, sehingga memudahkan saat merekam video atau memotret pada sudut yang tidak normal. Karena sistem translucent mirror yang digunakan A99, kamera ini tidak memiliki optical viewfinder. Namun, A99 dilengkapi dengan viewfinder electronic resolusi sangat tinggi yang diklaim dapat memberikan hasil lebih baik dibandingkan optical viewfinder.

Menilik lebih dalam lagi, Canon 6D sedikit tertinggal dibandingkan pesaingnya. 6D hanya memiliki satu slot memory card. Lebih lanjut lagi, Canon 6D tidak dapat digunakan dengan lensa EF-s. Ini berbeda dengan D600 atau A99 yang tetap dapat digunakan dengan lensa crop factor (Nikon DX/Sony DT).

Kesimpulan: Meskipun tidak dapat dibilang buruk, tetapi feature ergonomi Canon 6D tidak sebaik pesaingnya.

Feature Tambahan

Dalam hal ini, Sony A99 lagi-lagi unggul untuk perekaman video. Kamera ini memiliki AF tracking paling cepat dan paling akurat dibanding kamera DSLR merek lain saat ini. Sementara, Canon 6D unggul dalam hal konektifitas nirkabel, menawarkan transmitter Wi-Fi dan receiver GPS dalam bodynya yang mungil.

Kami sudah mencoba system Wi-Fi Canon pada kamera tipe lain dan hasilnya memang memukau. Segera setelah memotret, Anda dapat menampilkan foto pada layar lebar komputer atau tablet. Anda juga dapat meninggalkan kamera pada tripod dan mengendalikannya melalui perangkat lain. Hal ini tentu menarik tidak hanya bagi hobbyist, tetapi juga untuk kalangan profesional.

Kesimpulan

Sony A99 mungkin dapat dikatakan sebagai yang paling unggul dalam hal perekaman foto maupun video. Kamera ini memiliki banyak feature yang tidak dimiliki 6D atau D600. Namun, perlu diingat bahwa kamera ini juga $700 (sekitar Rp 7 juta) lebih mahal.

Canon 6D unik karena lebih terjangkau dan memiliki Wi-Fi & GPS terintegrasi. Kedua feature ini sudah umum ditemui pada kamera saku dan memang sudah selayaknya hadir di kelas DSLR. Namun feature lain pada 6D masih kurang bersaing dibandingkan kompetitornya.

Jika Anda merasa belum memerlukan Wi-Fi atau GPS, Nikon D600 mungkin adalah pilihan terbaik untuk sebuah DSLR fullframe. Kamera ini terjangkau, memiliki banyak feature unggul untuk perekaman foto maupun video, dan tetap dilengkapi built-in flash. Baik untuk penggunaan foto atau video, hobby maupun pekerjaan, Nikon D600 dapat menjanjikan hasil yang lebih maksimal.

Load Comments

Gadget

March 5, 2024 - 0

Review vivo V30: Lebih Murah, Lebih Kencang dan Irit dengan Snapdragon + 3 Kamera 50 MP

vivo V30 , smartphone ini juga dibawa vivo hadir resmi…
March 5, 2024 - 0

Review realme 12 Pro+ 5G: Smartphone Berkamera Tele Periscope Paling Murah!

Kalau kalian mencari smartphone mid range dengan kamera telephoto terbaik…
January 26, 2024 - 0

Review vivo Y100 5G: Desain Premium, AMOLED 120 Hz, 5G, Snapdragon BARU!

vivo Y100 5G, ini adalah smartphone terbaru dari jajaran vivo…
December 30, 2023 - 0

Review CMF Watch Pro: Smartwatch dengan Layar 1,96 Inci AMOLED dan Desain Unik

CMF Watch Pro dibanderol dengan harga Rp1.149.000. Dengan harga tersebut…

Laptop

March 27, 2024 - 0

Review Acer Predator Helios Neo 16 2024: Helios Neo Naik Kelas?

Laptop yang satu ini bukan cuma kenceng buat gaming, tapi…
March 19, 2024 - 0

Review ASUS Zenbook 14 OLED (UX3405): Laptop Ringan Idaman!

Laptop Intel Core Ultra akhirnya mulai dijual di Indonesia. Salah…
March 18, 2024 - 0

Review Huawei MateBook D 14 (2024): Bodi Metal, Kencang dan Terjangkau!

Laptop yang satu ini harusnya sudah tidak terlalu asing lagi…
March 15, 2024 - 0

Review Lenovo Yoga Slim 7i (14IMH9): Daya Tahan Baterai Laptop 2024 Harusnya Begini!

Laptop layar OLED yang satu ini ternyata baterainya irit banget…

Gaming

March 28, 2024 - 0

Ryu Ga Gotoku Punya Pengumuman Besar di Hari April Mop

Berbeda dengan sebagian besar belahan dunia yang lain, April Mop…
March 28, 2024 - 0

Relic Entertainment Pisah dari SEGA, Kembali Indie

Sebagian besar dari kita mungkin seringkali salah menyimpulkan bahwa SEGA…
March 28, 2024 - 0

Spesifikasi PC untuk Marvel Rivals

Di atas kertas, ini adalah konsep yang seharusnya bisa menuai…
March 28, 2024 - 0

Embracer Jual Dev. Borderlands ke Take-Two Interactive

Anda yang cukup mengikuti berita game dengan intens sepertinya tidak…