LOGO

Citrix Systems Mendukung Tren BYOD dalam Perusahaan

Cloud computing kian hangat dibicarakan, khususnya dengan perkembangan tren BYOD (Bring Your Own Device) yang pesat. Laptop, smartphone, bahkan tablet sudah tidak asing digunakan untuk keperluan bisnis, baik untuk menyiapkan presentasi maupun mengirim email kepada klien.

Kiri-kanan: Yaj Malik, Area Vice President Citrix Systems ASEAN; Nabeel Youakim, VP Products & Microsoft Alliance Citrix Systems Asia Pasific; dan Julkipri Sinaga, System Engineer Citrix Systems Indonesia.

Pergeseran tren TI dalam perusahaan tersebut disambut oleh Citrix Systems yang pada hari Rabu (12/9) memperkenalkan layanan cloud computing mereka. Yaj Malik, Area Vice President Citrix Systems ASEAN, menjelaskan bahwa selama tahun 1990—2010 tren TI masih terpaku dengan lokasi kerja di kantor, penggunaan perangkat komputasi miliki perusahaan, penyimpanan data on-premise, dan rangkaian aplikasi yang diperoleh dalam bentuk suite.

Seiring berkembangnya industri TI, tren tersebut pun mengalami pergeseran. Karyawan tidak lagi terpaku dengan lokasi kerja di kantor, terutama dengan hadirnya cloud computing yang memungkinkan mereka mengakses data perusahaan dari perangkat pribadi. “Model ini merupakan kebiasaan baru yang semakin populer diterapkan saat ini,” tutur Yaj Malik, Area Vice President Citrix Systems ASEAN.

Citrix Systems menawarkan solusi berupa desktop virtual yang dapat diakses dari perangkat apapun dan di mana pun. Julkipri Sinaga, System Engineer Citrix Systems Indonesia, menjelaskan bahwa desktop virtual tersebut dapat diakses melalui laptop, desktop kantor, maupun tablet menggunakan username dan password yang diberikan khusus bagi masing-masing karyawan.

“Desktop virtual dapat diakses melalui browser apa saja,” jelas Julkipri yang mendemonstrasikan pengaksesan solusi cloud tersebut menggunakan Google Chrome dan Internet Explorer, “Di tablet, desktop virtual ini dapat diakses melalui aplikasi bernama Citrix Receiver.” Julkipri menjelaskan bahwa dengan cara tersebut pengguna dapat mengoptimalkan waktu kerja, bahkan ketika berada dalam perjalanan.

Keunggulan lain yang ditawarkan cloud adalah kemudahan mendapatkan aplikasi yang dibutuhkan masing-masing pengguna. Perusahaan dapat membangun toko virtual di cloud dengan beragam aplikasi yang dapat diunduh langsung ke perangkat pilihan pengguna. Karena setiap proses terjadi di cloud, bagian TI perusahaan tidak perlu mengelola perawatan dan keamanan di masing-masing perangkat.

Solusi cloud computing kembangan Citrix Systems diklaim mampu meningkatkan penghematan biaya sebesar 20% dan mendorong produktivitas hingga 46%. Selain menguntungkan perusahaan, solusi tersebut memberikan fleksibilitas bagi karyawan dari segi lokasi kerja maupun perangkat yang digunakan.

Random Articles
Back to Top