in: News | September 20, 2012 | by: Bimanto

Adobe Akan Tinggalkan Windows XP

Adobe menyatakan bahwa versi CS6 dari aplikasi pengolah grafis populer mereka, Photoshop, akan menjadi yang terakhir untuk  sistem operasi Windows XP! Versi berikutnya dari aplikasi tersebut sudah tidak lagi mendukung sistem operasi yang memang akan segera ditinggalkan oleh Microsoft tersebut.

Dalam artikel yang tertulis di blog milik Product Manager dari Adobe, Tom Hogarty, terdapat pernyataan bahwa Adobe versi CS6 (13.0) merupakan versi terakhir yang mendukung sistem operasi Microsoft Windows XP. Hal ini lebih disebabkan karena tidak ada dukungan penggunaan akselerasi GPU pada Windows XP. Seperti kita ketahui bahwa Adobe saat ini sudah dapat menggunakan akselerasi GPU pada perangkat hardware yang terbaru dengan dukungan dari driver graphics card.  Dengan penggunaan akselerasi GPU ini, fitur  3D, Blur Gallery dan Efek Pencahayaan dapat berjalan dengan sangat baik tanpa membebani CPU.

Pernyataan Adobe yang tidak lagi mendukung sistem operasi Windows XP ini tersebut tentu saja membuat para penggunanya yang masih menggunakan Windows XP mau tidak mau harus beralih ke versi yang lebih baru dari sistem operasi tersebut untuk dapat menikmati berbagai fitur yang akan disediakan Adobe dalam versi terbaru Photoshop. Dengan begitu, Adobe berharap para pengguna produknya dapat merasakan kinerja dan kelebihan yang ditawarkan pada produknya dengan signifikan dengan penggunaan akselerasi GPU.

Hal ini sebenarnya tidak menjadi masalah besar, Microsoft sendiri juga akan segera mengakhiri dukungannya terhadap Windows XP dalam waktu dekat sehingga bukan masalah bahwa Adobe juga menghentikan dukunganya terhadap sistem operasi ini.

Tags:

Share This:

Comments

RANDOM ARTICLES