in: News | September 18, 2012 | by: Bimanto

Estimasi Biaya Produksi Apple iPhone 5

Peluncuran Apple iPhone 5 beberapa waktu lalu sepertinya cukup menyedot perhatian dunia. Produk smartphone yang dijual mulai dari harga US$ 199 dengan paket kontrak 2 tahun tersebut berhasil menarik perhatian ribuan pecinta smartphone di dunia. Hal itu terbukti dengan habisnya stok perdana produk tersebut tidak lama setelah dibukanya pre-order produk tersebut beberapa waktu yang lalu. Namun, satu hal yang cukup menarik untuk diketahui, berapa sebenarnya modal yang dibutuhkan Apple untuk menyusun sebuah iPhone 5?

TechInsights, sebuah perusahaan analis, telah melakukan perhitungan biaya pembuatan sebuah smartphone Apple iPhone 5. Estimasi biaya tersebut dapat Anda lihat pada tabel di bawah ini. Apple iPhone 5 Model 16GB memiliki estimasi biaya pembuatan sebesar USD167,50 – terpaut hanya sebesar USD35 lebih mahal dari estimasi biaya pembuatan Apple iPhone 4S.

Dari tabel diatas, Anda dapat melihat bahwa bagian termahal dari Apple iPhone 5 adalah pada prosesor A6 yang terpasang di dalamnya, yang mengusung harga USD 28 per prosesor. Satu hal yang menarik ldari tabel diatas adalah daya baterai yang terpasang pada iPhone 5 ternyata lebih kecil di bandingkan yang terpasang pada iPhone 4S. Pada iPhone 5 terpasang baterai dengan kapasitas 1400mAh, sedangkan pada iPhone 4s sebesar 1420mAh. Hal itu menunjukkan bahwa prosesor A6 yang terpsaang dan iOS6 yang nantinya di gunakan di iPhone 5 harus benar-benar maksimal dalam penggunaan daya baterai agar daya tahan smartphone tersebut minimal bisa menyamai iPhone 4S.

Satu hal yang perlu diingat, harga diatas adalah estimasi biaya hardware murni dan belum termasuk biaya penelitian dan pengembangan, investasi berbagai hardware dan software, perakitan, pengemasan, pengiriman, atau biaya terkait lainnya yang sulit di perhitungkan. Bagaimana menurut Anda, apakah harga jual sebuah iPhone 5 terlalu tinggi?

Tags:

Share This:

Comments

RANDOM ARTICLES