in: News | September 12, 2012 | by: Gatot Tri Yuwono

Intel Haswell Hanya Butuh 7,6 Watt untuk Samai Ivy Bridge!

IDF (Intel Developer Forum) 2012 telah dimulai beberapa jam yang lalu. Sesuai dengan perkiraan kami, di ajang ini Intel menunjukkan berbagai hal menarik yang berkaitan dengan produk masa depan mereka seperti contohnya prosesor Intel Core i generasi keempat dengan arsitektur Haswell.

Di dalam salah satu presentasi di hari pertamanya, Intel ternyata memamerkan kemampuan Intel Haswell melawan Ivy Bridge. Pada demo ini, prosesor Intel Ivy Bridge dan Haswell yang ada di Ultrabook diajak untuk menjalankan aplikasi Unigine Heaven.

Hal menarik dari demo ini adalah kedua prosesor tersebut ternyata memiliki performa yang mirip tetapi Intel Haswell memiliki TDP lebih rendah. Pada “Power Meter” di tengah layar terlihat Haswell hanya membutuhkan 7.6 Watt sementara Ivy Bridge membutuhkan 17 Watt. Hal ini menandakan dengan TDP yang sama Intel Haswell mampu menawarkan performa lebih tinggi. Ini berarti juga menandakan unit GPU Intel Haswell lebih baik dibandingkan unit GPU Ivy Bridge baik dari segi performa dan konsumsi daya. Sedangkan untuk unit CPU Intel Haswell, berdasarkan sumber berita ini, performanya sekitar 10% lebih baik dibandingkan Ivy Bridge.

Jika prosesor Intel Haswell untuk Ultrabook sudah seperti itu, kini kami penasaran dengan performa versi desktopnya. Sejauh manakah peningkatan yang diberikan baik dari segi performa, konsumsi daya, dan juga harganya nanti. Lalu bagaimana dengan Anda sendiri? Apakah Anda jadi tidak sabar menantikan prosesor ini? Ataukah Anda sudah mengambil ancang-ancang untuk memiliki prosesor ini begitu keluar nanti.

Berikut ini video demonstrasi yang kami dapatkan dari notebookcheck.com

Sumber

Tags:

Share This:

Comments

RANDOM ARTICLES