in: News | September 13, 2012 | by: Yufianto Gunawan

iPhone 5 Akhirnya Diperkenalkan!

Sosok produk smartphone baru Apple yang telah dikabarkan kehadirannya sejak beberapa waktu yang lalu akhirnya terungkap. Melalui acara resmi yang baru saja selesai digelar di San Francisco, Amerika Serikat, Apple akhirnya memperkenalkan produk baru tersebut, iPhone 5.

Seperti yang sudah terjadi beberapa kali sepeninggal Steve Jobs, CEO Apple saat ini, Timothy D. Cook, atau yang biasa disapa dengan panggilan Tim Cook, menjadi pembicara utama dalam acara perkenalan tersebut. Setelah melalui serangkaian “sambutan pembukaan”, Tim Cook bersama dengan Phil Schiller, Senior VP untuk Worldwide Marketing dari Apple langsung memperkenalkan sosok smartphone baru tersebut, iPhone 5.

iPhone 5 diperkenalkan sebagai produk iPhone tertipis yang pernah ada hingga saat ini. Smartphone yang dibalut dengan casing berbahan aluminium tersebut memiliki ketebalan hanya 7.6 mm, atau sekitar 18% lebih tipis dibandingkan produk sebelumnya, iPhone 4S. Layar sebesar 4 inci retina display dengan resolusi 1136 x 640 menjadi andalan Apple untuk digunakan di smartphone baru tersebut. Ukuran layar yang lebih lebar tersebut memungkinkan sistem operasi iOS 6 yang digunakan menampilkan lebih banyak baris aplikasi, yaitu 5 baris.

Smartphone baru tersebut akan diperkuat SoC baru, yaitu Apple A6. SoC tersebut disebutkan akan membawa peningkatan kinerja CPU dan GPU hingga dua kali lipat dibandingkan SoC generasi sebelumnya. Selain itu, SoC tersebut juga membutuhkan daya yang lebih kecil, sehingga smartphone tersebut memiliki daya tahan yang cukup baik, yaitu selama 8 jam ketika digunakan untuk menjelajahi Internet dengan paket data dari jaringan 3G atau LTE, serta 10 jam untuk jaringan WiFi.

Untuk kamera, Apple melengkapi iPhone 5 dengan kamera utama dengan sensor 8 MP dan kamera depan dengan dukungan resolusi hingga 720p. Fitur baru dari sisi kamera ada pada kemampuan untuk menangkap foto panorama yang disematkan di kamera belakang. Sedangkan untuk masalah konektivitas jaringan data, iPhone 5 telah mendukung standar GPRS, EDGE, EV-DO, HSPA, HSPA+, DC-HSDPA, LTE serta WiFi. Sayangnya, fitur NFC yang selama ini dikabarkan akan hadir ternyata tidak tersedia di perangkat tersebut.

Terkait konektor, Apple memilih untuk memperkenalkan jenis konektor baru untuk iPhone 5. Bila sebelumnya seluruh lini produk Apple, mulai dari iPhone, iPad, dan iPod Touch menggunakan konektor khas Apple, kali ini mereka menggunakan konektor baru, dengan nama “Lightning” untuk iPhone 5. Konektor tersebut memiliki dimensi yang lebih kecil bila dibandingkan dengan konektor sebelumnya.

Menurut para pembicara tersebut, iPhone 5 akan memiliki kemampuan untuk menjalankan aplikasi-aplikasi yang didesain untuk produk iPhone seri sebelumnya. Walaupun mengusung resolusi yang berbeda, iPhone 5 tetap dapat menjalankan aplikasi-aplikasi tersebut dengan melakukan kalibrasi resolusi dan menambahkan border hitam di sekeliling tampilan aplikasi. Tentu saja, untuk aplikasi-aplikasi populer, Apple menjanjikan bahwa para developer akan segera memperbarui aplikasi mereka dan dihadapkan versi aplikasi yang mendukung resolusi penuh iPhone 5 akan segera hadir.

*sumber gambar: Engadget

Dua pilihan warna akan tersedia untuk iPhone 5, yaitu hitam dan putih. Smartphone tersebut akan dijual dalam tiga varian, yaitu 16 GB, 32 GB, dan 64 GB dengan harga paket kontrak yang sama dengan iPhone 4S, yaitu US$ 199 untuk 16 GB, US$ 299 untuk 32 GB, dan US$ 399 untuk 64 GB. Pre-order dari smartphone tersebut akan dibuka mulai tanggal 14 September dan pengiriman produk akan mulai dilakukan pada 21 September untuk negara Amerika Serikat, Kanada, Inggris Raya, Jerman, Perancis, Australia, Jepang, Hongkong, dan Singapura. 20 negara akan menyusul pada bulan Oktober mendatang.

Apple juga memperkenalkan iPod 5th Generation di acara yang sama. 

Tags:

Share This:

Comments

RANDOM ARTICLES