[PR] Produsen Makanan Terkemuka di Indonesia Pangkas Biaya dan Dorong Utilisasi Server dengan Virtualisasi dari VMware

Reading time:
September 5, 2012
vmware logo

JAKARTA, 5 September 2012 — VMware, Inc. (NYSE: VMW), pemimpin global di bidang virtualisasi dan infrastruktur Cloud, hari ini menyelenggarakan diskusi panel dengan salah satu perusahaan produsen makanan dan ternak unggas terkemuka di Indonesia, PT Sierad Produce Tbk di Jakarta.

Sebagai salah satu VMware Visionary yang dihormati, pembicara dari Sierad Produce membagikan pengalaman organisasi tersebut dalam memanfaatkan virtualisasi untuk mendapatkan keunggulan kompetitif selaras dengan rencana pertumbuhan perusahaan.

“Sierad Produce adalah contoh yang baik bagaimana pelanggan memahami nilai dari virtualisasi terhadap bisnis, dan setelah mengkaji sejumlah solusi yang ada di pasar, mereka menjatuhkan pilihan ke VMware. Kami sangat senang bisa mendukung Sierad Produce dalam upaya mereka terus mencapai transformasi bisnis melalui transformasi TI dalam perjalan mereka menuju Cloud,” kata Andreas Kagawa, Country Manager, VMware Indonesia.

Virtualisasi untuk Sierad Produce
Ketika Sierad Produce memulai proyek untuk meningkatkan kemampuan aplikasi bisnis utama dan pendukungnya, perusahaan tersebut membutuhkan infrastruktur tervirtualisasi yang berjalan di atas server peranti keras kelas enterprise sehingga bisa melakukan konsolidasi terhadap beberapa sistem perencanaan produksi, pengadaan, pemrosesan, finansial, penjualan dan distribusi menjadi satu proses yang ramping untuk seluruh divisi makanan.

Sierad Produce kemudian menyadari bahwa platform virtualisasi Microsoft Hyper-V yang mereka gunakan saat itu tidak bisa mendukung lingkungan baru yang tengah dibangun sehingga perusahaan tersebut beralih ke VMware vSphere.

“Kami sebelumnya menggunakan Hyper-V karena ingin memanfaatkan secara maksimal fungsi dari aplikasi Microsoft tersebut. Namun ketika kami merencanakan pengembangan lingkungan yang baru, kami menyadari bahwa versi produk yang kami pakai secara teknis hanya mempunyai kemampuan prosesor yang terbatas,” kata Erison Hek Oktavian, Chief Information Officer, PT Sierad Produce Tbk. “Untuk bisa mendukung kebutuhan performa sistem ERP yang baru, kami harus bisa mendapatkan akses ke setiap virtual machine hingga sebanyak 18 logical processor atau idealnya akan lebih dari itu jika di gabungkan untuk kebutuhan ERP secara keseluruhan.”

Pada saat mengkaji sejumlah alternatif platform virtualisasi infrastruktur, Sierad Produce segera beralih ke solusi dari pemimpin pasar, VMware. “Kami mengetahui bahwa VMware vSphere adalah produk yang sudah matang dengan rekam jejak yang mumpuni, dan memiliki fleksibilitas untuk mendukung teknologi dan model bisnis baru,” lanjut Erison.

Manfaat dan Dampak bagi Bisnis
Melalui infrastruktur tervirtualisasi, Sierad Produce sukses menjalankan sistem ERP dan database tunggal untuk seluruh divisi makanan. Hasilnya, perusahaan tersebut bisa memperbaiki waktu pemrosesan transaksi hingga 25 persen. Selain itu, Sierad Produce juga berhasil memangkas biaya pengadaan peranti keras server sampai 80 persen. Tidak hanya berhenti disitu, virtualisasi yang diterapkan untuk mengkonsolidasikan armada server fisiknya membuahkan hasil. Kini, perusahaan tersebut hanya menggunakan 40 persen dari rak yang tersedia di datacenter. Dengan server blade yang berjumlah 110 inti prosesor, infrastruktur Sierad Produce memiliki ruang yang lapang untuk mengantisipasi pertumbuhan di masa depan.

Sierad Produce juga bisa meningkatkan kapasitas kesinambungan bisnis setelah memasang VMware vMotion. Solusi ini memungkinkan pengguna memindahkan virtual machine dari server yang sedang bermasalah ke mesin lain yang beroperasi penuh tanpa menimbulkan gangguan kepada pengguna. Kemampuan ini memberikan kepercayaan kepada para pengguna bisnis bahwa sistem ERP akan selalu tersedia bagi mereka ketika mengambil berbagai keputusan bisnis penting. “Kami tak lagi mengalami downtime tak terencana,” ujar Erison.

Konsolidasi sistem ERP ke dalam satu infrastruktur berbasis VMware telah membantu Sierad Produce memperbaiki kemampuannya dalam mengambil keputusan. Perusahaan tidak lagi mengandalkan pada metode menggabungkan informasi yang diambil dari beberapa sistem terpisah, sebaliknya manajemen Sierad Produce bisa mengakses data secara real-time cukup lewat satu sentuhan.

Selain itu, organisasi kini bisa lebih tanggap dalam memenuhi permintaan aplikasi baru guna mendukung operasional bisnis; mereka bisa membuat virtual machine hanya dalam tempo sekitar 15 menit sehingga bisa melakukan fungsi pengujian, pengembangan, quality assurance dan produksi.

Untuk informasi lebih lanjut tentang VMware Asia Pasifik, silakan kunjungi www.vmware.com/ap.

Load Comments

Gadget

March 5, 2024 - 0

Review vivo V30: Lebih Murah, Lebih Kencang dan Irit dengan Snapdragon + 3 Kamera 50 MP

vivo V30 , smartphone ini juga dibawa vivo hadir resmi…
March 5, 2024 - 0

Review realme 12 Pro+ 5G: Smartphone Berkamera Tele Periscope Paling Murah!

Kalau kalian mencari smartphone mid range dengan kamera telephoto terbaik…
January 26, 2024 - 0

Review vivo Y100 5G: Desain Premium, AMOLED 120 Hz, 5G, Snapdragon BARU!

vivo Y100 5G, ini adalah smartphone terbaru dari jajaran vivo…
December 30, 2023 - 0

Review CMF Watch Pro: Smartwatch dengan Layar 1,96 Inci AMOLED dan Desain Unik

CMF Watch Pro dibanderol dengan harga Rp1.149.000. Dengan harga tersebut…

Laptop

March 7, 2024 - 0

Review MSI Prestige 13 AI EVO A1M: Laptop AI PC Super Tipis, Ringan, Kencang & Irit!

Kali ini kita kedatangan salah satu “AI PC” dari MSI.…
March 6, 2024 - 0

Review Axioo Hype 5 AMD: Laptop 5 Jutaan Sekencang & Selengkap Ini?

Laptop murah yang harganya 5 jutaan ini ternyata kuat juga…
March 5, 2024 - 0

Review ASUS Vivobook Pro 16X OLED K6604: Laptopnya Kreator Profesional!

Laptop ini cocok banget untuk cari duit terlebih bagi kalangan…
February 6, 2024 - 0

Rekomendasi Laptop Premium dari HP – Mulai 10 Jutaan

Di Video rekomendasi kali ini, kami coba pilihkan untuk kalian…

Gaming

March 7, 2024 - 0

Bukan CGI, Dragon’s Dogma 2 Gunakan Video Daging Asli untuk Animasi Memasak

Apalah arti sebuah game petualangan yang tidak mampu memberikan Anda…
March 7, 2024 - 0

Frostpunk 2 Rilis Juli 2024

Membangun kota seindah dan seefektif mungkin, menatanya serapi yang Anda…
March 7, 2024 - 0

The First Berserker: Khazan Pamer Gameplay Baru, Rasa Souls

Sulit untuk membantah bahwa teaser perdananya di The Game Awards…
March 7, 2024 - 0

Persona 3 Reload Dapat “The Answer”, Rilis Berbayar di September 2024

Apa yang berhasil dilakukan oleh ATLUS dan tim Persona dengan…