in: Graphics Card - News | September 14, 2012 | by: Ridwan Fariz

Graphics Card Berbasis GPU AMD Hadir Lebih Murah!

Ingatkah Anda saat kami pertama kali mengabarkan kehadiran graphics card terbaru NVIDIA yaitu GTX 660 Ti sekitar sebulan yang lalu? Saat itu graphics card berbasis GPU GK104 yang dibandrol paling murah ini belum muncul kepermukaan secara resmi, tetapi beberapa sumber sudah membocorkan mengenai detail spesifikasi graphics card GTX 660 Ti ini. Tentu saja melihat hal tersebut kubu AMD tidak akan tinggal diam, merasa posisinya cukup terancam, secara mendadak AMD memberikan pengumuman secara global mengenai pemotongan harga pada beberapa graphics card kelas atasnya.

Walaupun NVIDIA belum merilis graphics card GTX 660 Ti-nya secara resmi pada saat itu, AMD sudah cukup ketar-ketir dan mengambil langkah cepat agar bisa menarik konsumen dan bisa mengambil sedikit perhatian yang memang pada saat itu, topik mengenai “jagoan” baru dari kubu hijau ini sedang sangat hangat diperbincangkan.

Beberapa hari setelah peluncuran GTX 660 Ti ini secara resmi diumumkan, diluar dugaan dan juga spekulasi dari para pengamat AMD, ternyata graphics card NVIDIA GTX 660 Ti yang diperkirakan masih akan bersaing secara on par  dengan HD 7870 pada kenyataannya mampu memukul telak HD 7870 dengan perbedaan yang terpaut cukup jauh, dan yang lebih mengerikannya lagi (bagi kubu AMD) graphics card GTX 660 Ti ini mampu “mengasapi” HD 7950 dan HD 7970 pada beberapa skenario pengujian benchmark.

Melihat singgasana kerajaan graphics card 28nm milik mereka diobrak-abrik oleh pendatang baru milik NVIDIA ini, AMD langsung memutuskan untuk kembali menurunkan harga graphics card Radeon-nya, tidak tanggung-tanggung seperti pemotongan harga sebelumnya, kali ini harga yang diberikan AMD nampak jauh lebih terasa. Seperti HD 7870 yang sebelumnya dibandrol dengan kisaran US$300-350, kini menjadi US$250 saja, dan graphics card seperti HD 7950 yang tergolong sebagai kelas high end milik AMD, kini dibandrol dengan harga US$320 saja, yang berarti menyamai harga SRP dari GTX 660 Ti.

*sumber gambar: videocardz.com

Tidak sampai disitu saja, gelombang dari NVIDIA yang siap menyerbu pasar graphics card selanjutnya adalah GeForce GTX 660 dan GTX 650 yang baru kemarin dirilis NVIDIA secara resmi. Yang paling menarik adalah GTX 660, graphics card dengan SRP US$229 dan hanya membutuhkan 1 buah 6-pin konektor daya ini ternyata memiliki performa ratio (price, watt) yang surprisingly sangat tinggi. Kali ini HD 7870 masih bisa cukup mengimbangi GTX 660, namun secara keseluruhan AMD harus bisa menerima kekalahannya (lagi). Sudah dapat ditebak apa langkah selanjutnya yang akan dilakukan AMD? Tentu saja Price Cut! Berikut harga terbaru yang kami dapatkan dari beberapa sumber:

  • Radeon HD 7970 GHz Edition – $430
  • Radeon HD 7970 standard – $410
  • Radeon HD 7950 Boost – $300
  • Radeon HD 7950 standard – $290
  • Radeon HD 7870 GHz Edition – $240
  • Radeon HD 7850 2 GB – $200
Tidak se-agresif pada saat pemotongan harga yang terakhir dilakukan, dengan rata-rata pemotongan berkisar antara US$10-20 saja, kali ini AMD mungkin hanya ingin sekedar memantapkan rasa percaya dirinya dipasaran, dengan sedikit memoles harga yang sudah dibandrol pada tiap-tiap produk graphics card kelas atasnya. Sayangnya kami tidak mendapatkan informasi mengenai HD 7700 series dan kelas dibawahnya yang akan mendapatkan revisi harga.
Lalu, bagaimanakah menurut pendapat rekan-rekan se-Jagat sekalian mengenai perkembangan ini? Apakah dengan penyesuaian harga dari AMD ini memberikan keuntungan bagi para user? Terlepas dari harga di pasar Indonesia yang masih belum bisa mengikuti kebijakan AMD ini secara aktual. Atau mungkin Anda berpendapat bahwa penurunan harga ini merupakan bentuk dari kekalahan telak yang dialami AMD saat ini dalam menghadapi NVIDIA? Silahkan berkomentar dibawah artikel ini.
Tags:

COMMENTS

comments!

RANDOM ARTICLES