in: Desktop | September 9, 2012 | by: Gatot Tri Yuwono

Review ASUS Essentio CM6630: Performa Mumpuni Untuk Komputasi Harian

Meskipun notebook semakin populer di kalangan masyarakat, sistem desktop tampaknya tetap menjadi salah satu pilihan menarik untuk sebuah perangkat komputer. Walaupun kurang dari segi mobilitas, untuk harga kurang lebih sama, sistem desktop menawarkan performa lebih tinggi dibandingkan sebuah notebook. Selain itu, pengguna dapat dengan mudah meng-upgrade atau mengganti komponen di dalamnya dengan komponen lain yang dapat dengan mudah dijumpai di pasaran.

Jika Anda memiliki rencana untuk memiliki sebuah sistem desktop, Anda dapat membangun sistem tersebut dengan membeli komponen satu persatu lalu merakitnya atau langsung membeli sebuah sistem desktop yang sudah jadi. Untuk pilihan pertama, Anda memang dapat dengan bebas memilih komponen yang diinginkan baik dari segi kemampuan, merek, dan juga harga. Akan tetapi, dibutuhkan kejelian tersendiri untuk memilih komponen terbaik dengan harga yang tepat. Bagi Anda yang tidak ingin dibuat pusing dengan hal tersebut, Anda dapat menggunakan pilihan kedua. Harga yang ditawarkan memang sedikit lebih tinggi dan Anda tidak memiliki banyak pilihan pada komponen. Akan tetapi dengan pilihan kedua Anda akan langsung mendapatkan sebuah sistem desktop jadi yang dapat sesegera mungkin digunakan.

Apabila pilihan kedua lebih Anda sukai dalam memilih sistem, saat ini banyak sekali produsen yang menawarkan produk sistem desktop jadi. Bahkan produsen memiliki beragam pilihan produk untuk menyesuaikan dengan kebutuhan pengguna yang beragam. Kali ini kami akan menghadirkan review salah satu produk sistem desktop jadi besutan produsen ASUS bernama Essentio CM6630. Berbeda desktop ASUS seri ROG yang belum lama ini kami review, produk kali ini sepertinya lebih ditujukan untuk kegiatan komputasi sehari-hari dari kelas ringan hingga menengah. Penasaran dengan spesifikasi dan performanya? Simak ulasannya berikut ini.

Spesifikasi Sistem ASUS Essentio CM6630

ASUS Essentio CM6630 dilengkapi prosesor Intel Core i5 2310 (2.9 GHz, Turbo 3.2 GHz), memori DDR3 dual-channel 1333MHz dengan kapasitas 4GB, dan graphics card GeForce GT 530 (OEM). ASUS menggunakan motherboard Intel H61 dimana hal ini menandakan pengguna tidak dapat mengutak-atik kecepatan prosesor di sistem ini.

Spesifikasi Graphics Card

GeForce GT 530 (OEM) pada ASUS Essentio CM6630 dipersenjatai chip GPU GF118 dengan clock GPU sebesar 700 MHz. Memori yang digunakan adalah DDR3 dengan kapasitas 1GB dan clock memori sebesar 1600 MHz (200 MHz lebih rendah dibandingkan clock memori reference, 1800 MHz).

Seperti inilah bentuk fisik GeForce GT 530 (OEM). Graphics card ini menggunakan half-PCB dengan sistem pendingin single-slot.

GeForce GT 530 Feature

  • Microsoft DirectX 11
  • NVIDIA 3DVision
  • NVIDIA PhysX
  • NVIDIA CUDA
  • PCI Express 2.0 x16
  • Dual-link DVI
  • HDMI 1.4a

Paket Penjualan

Di dalam paket penjualan, ASUS menyertakan perangkat input sebuah keyboard dan optical mouse.

Daftar Isi
Pages: 1 2 3 4 5 6 7 8
Tags:

Share This:

Comments

RANDOM ARTICLES