in: Digital Camera - News | September 13, 2012 | by: Ernest Dimitria

Sony DSC-RX1: Kamera Compact dengan Sensor Full-Frame

Menyusul rumor yang beredar beberapa waktu lalu, Sony mengumumkan kamera compact pertama di dunia yang menggunakan sensor full-frame 35mm. Resolusi sensor yang digunakan untuk kamera bernama Sony DSC-RX1 itu setara dengan SLT flagship A77 dan kamera mirrorless NEX-7, yaitu 24,3 megapixel.

Ukuran sensor yang besar memudahkan pengambilan foto dalam kondisi pencahayaan yang buruk. Hal tersebut dicapai dengan memanfaatkan rentang ISO100—25600 yang bahkan dapat ditingkatkan hingga 102400 melalui pengaturan Multi Frame Noise reduction.

Sony tidak lupa menyandingkan sensor Exmor CMOS tersebut dengan prosesor gambar BIONZ. Prosesor itu menjadi tenaga di balik kecepatan pengambilan gambar 5fps dan menghasilkan foto dalam format 14-bit RAW.

Mendukung kualitas gambar yang dihasilkan RX1, Sony menyematkan lensa Carl Zeiss Sonnar T dengan fixed focal 35mm dan bukaan diafragma maksimum F2. Lensa premium itu mengusung desain optik baru dengan elemen kaca Advanced Aspherical (AA).

Sepasang cincin pengaturan di lensa memudahkan pengaturan fokus manual dan rentang aperture, serta tombol pengaturan jenis fokus disertakan di bagian depan kamera. Sony memimik rangkaian kontrol DSLR lebih dalam dengan roda pengaturan mode pengambilan gambar dan tingkat exposure yang terpampang di bagian atas RX1.

Untuk memudahkan proses fokus, Sony menyertakan fungsi MF Assist yang memperbesar bagian gambar dalam fokus, serta fungsi Peaking yang menyoroti bagian tersebut. Sebagai tambahan, Sony DSC-RX1 mampu merekam video Full-HD 1080p dalam kecepatan 24fps.

Sony akan meluncurkan kamera compact dengan sensor full-frame tersebut pada bulan Desember 2012 dengan harga yang cukup spektakuler, yaitu USD2800. Apakah Anda tertarik membelinya atau lebih memilih kamera DSLR dan mirrorless?

Tags:

COMMENTS

comments!

RANDOM ARTICLES
News | January 20, 2015 | Comments

Samsung Mulai Kehilangan Pengaruh di China

China, tidak bisa dipungkiri, merupakan pasar gadget terbesar di dunia. Berbagai produsen gadget ternama tentunya ingin agar mereka memiliki posisi yang kuat di negara tersebut untuk mendapatkan tingkat penjualan yang
Read More »