in: Digital Camera - News | September 13, 2012 | by: Ernest Dimitria

Sony NEX-6: Kamera Mirrorless dengan Viewfinder Elektronik dan Sensor 16,1 Megapixel

Sony mengembalikan viewfinder elektronik ke lini kamera mirrorless mereka dengan kehadiran pendatang baru, NEX-6. Viewfinder OLED yang disebut Tru-Finder itu memiliki resolusi 2,36 juta dot yang memberikan cakupan pandang 100%. Sebagai alternatif, Sony menyertakan layar LCD Xtra Fine berukuran 3 inci yang dapat diposisikan hingga 90° ke atas dan 45° ke bawah untuk memudahkan pengambilan gambar dari beragam sudut.

Sejalan dengan tradisi lini kamera mirrorless Sony, NEX-6 mengusung sensor APS-C yang menghasilkan kualitas foto setara dengan kamera DSLR. Namun, berbeda dengan NEX-7, resolusi sensor dalam NEX-6 mengalami penurunan menjadi 16,1 megapixel yang setara dengan NEX-F3 maupun NEX-5R. Sensor tersebut disandingkan dengan prosesor gambar BIONZ untuk menghasilkan kualitas foto yang mumpuni dengan rentang maksimum ISO 25600, serta kehadiran pop-up flash.

Kehadiran sistem Fast Hybrid AF memungkinkan pengguna untuk memanfaatkan mode pengambilan gambar Speed Priority Continuous hingga 10 fps dengan hasil fokus yang jernih. Untuk mendekatkan pengguna ke pengalaman penggunaan DSLR dalam ukuran kamera yang lebih compact, Sony menghadirkan tombol pengaturan fisik untuk memilih mode P/A/S/M dan Sweep Panorama. Di bawah tombol tersebut terdapat tombol pengaturan, seperti yang diperkenalkan dalam NEX-7 dan NEX-5R, yang fungsinya bergantung kepada pemilihan mode pengambilan gambar.

Sama seperti NEX-5R, NEX-6 mengusung fitur WiFi yang memudahkan proses pemindahaan foto dari kamera ke smartphone dan tablet yang dilengkapi aplikasi PlayMemories Mobile. Aplikasi gratis besutan Sony tersebut dapat digunakan dalam perangkat berbasis Android dan iOS. Pengguna juga dimungkinkan untuk mengunggah foto langsung ke Facebook menggunakan aplikasi Direct Upload.

NEX-6 akan diluncurkan dengan lensa baru 16—50mm dengan aperture maksimum F3.5—5.6. Kelebihan lensa tersebut dibanding lensa E-mount sebelumnya terletak di desain retractable power zoom yang serupa dengan lensa Lumix G X Vario besutan Panasonic.

Sony akan meluncurkan NEX-6 pada bulan November 2012 dengan harga USD850 (body only) atau USD1.000 dengan lensa kit SELP1650.

Tags:

Share This:

Comments

RANDOM ARTICLES