in: News - Processors | October 31, 2012 | by: Ridwan Fariz

Berlawanan dengan Intel, AMD Jalin Kerjasama dengan ARM!

Tidak seperti Intel yang secara terang-terangan menyatakan “perang” terhadap ARM karena dianggap sebagai kompetitor yang sudah mulai memasuki OS “daerah kekuasaan” mereka yaitu Windows, AMD justru mengambil langkah yang berlawanan dengan Intel yaitu mendekati produsen pembuat chip prosesor gadget paling laris saat ini, yaitu ARM. Mereka bekerja sama dalam sebuah proyek untuk membuat prosesor dengan menggabungkan kolaborasi dua teknologi yang mereka miliki.

Dan sebagai proyek perdananya AMD mengumumkan untuk membawa prosesor berbasis ARM ke jajaran prosesor Opteron milik mereka dalam waktu dekat. Dengan desain terbaru ARM 64-bit, diharapkan prosesor untuk penggunaan server ini mampu bekerja dengan sangat optimal menangani task yang sangat padat sekalipun namun tetap bekerja dengan energi yang sangat efisien dan dipastikan dapat bekerja lebih baik (efisien) dari Opteron x86 saat ini. Direncanakan proyek kerja sama antara dua kubu AMD dan ARM ini bisa kita lihat hasilnya pada tahun 2014 mendatang.

Mungkin Anda bertanya-tanya, apakah ada kemungkinan kolaborasi kedua perusahaan ini akan membawa teknologinya ke pasar konsumen biasa seperti desktop, notebook, ataupun gadget kedepannya? Tentu hal tersebut akan membawa angin segar dalam peta persaingan prosesor untuk saat ini. Semoga saja dapat tercipta sebuah prosesor baru dengan “Brute Force” khas AMD namun dengan efisiensi optimal ala ARM. That would be AWESOME!

Tags:

COMMENTS

comments!

RANDOM ARTICLES