in: News | October 13, 2012 | by: Pramanaya Tjokronegoro

Body Canon 5D Mark II Dipapas Agar Kompatibel Dengan Leica

Beberapa waktu lalu Robert Benson, seorang fotografer profesional, sedang menimang-nimang lensa Leica langka miliknya sambil berpikir apakah ia rela mengeluarkan uang untuk body Leica M9. Kecintaannya pada lensa langka itu, sebuah Leica Noctilux 50mm f/1 .0 seharga $6500, mendorong dia untuk memutuskan merombak body Canon 5D Mark II miliknya.

Seperti yang mungkin Anda sudah ketahui, lensa Leica rangefinder tidak dapat dipasangkan ke DSLR manapun. Ini disebabkan jarak fokus lensa Leica, atau disebut flange focal distance (FFD), lebih pendek dari FFD DSLR. Untuk dapat memasangkan lensa Leica ke DSLR Canon tersebut, Robert harus memundurkan mount lensa lebih dekat ke sensor.

Kamera “LeiCanon” dari samping

Robert memulai dengan membongkar 5D Mark II secara total. Kemudian mirrorbox dan cermin utama, komponen khas DSLR, diganti dengan mirrorbox custom. Mirrorbox ini dibubut dengan presisi dari baja 3mm untuk memberikan FFD leica, yaitu 27,8mm. Mirrorbox ini tidak lagi memiliki cermin dan diklaim cukup kuat untuk mendukung lensa Leica terberat sekalipun. Dan hasilnya adalah seperti foto di atas.

Dengan modifikasi ini, viewfinder optik tak lagi dapat digunakan. Namun, ada banyak keuntungannya dibandingkan menggunakan Leica M9. Dengan Canon modifikasi ini, pengguna dapat memanfaatkan Live View, merekam video, memotret dengan lebih cepat, dan mendapatkan tingkat noise 5D Mark II yang terkenal rendah. Karena itulah Robert menawarkan untuk melakukan modifikasi yang sama untuk siapapun yang berminat memesan.

Hasil Leica Noctilux pada kamera Canon.

Dengan membayar $2950 (sekitar 28 juta rupiah) Anda akan mendapatkan 5D Mark II baru yang telah dimodifikasi. Terdengar mahal? Tidak juga jika dibandingkan harga kamera Leica M9 yang mencapai $4500 (sekitar 41 juta rupiah). Jika Anda juga ingin memasangkan lensa Leica Anda ke body Canon, Anda dapat menghubungi Robert Benson melalui blognya.

Tags:

Share This:

Comments

RANDOM ARTICLES