in: News - Processors | October 27, 2012 | by: Ridwan Fariz

Intel: Nasib ARM Akan Berakhir Seperti Via dan Transmeta

Seiring dengan dirilisnya OS baru Windows 8 yang kini tidak hanya memiliki kompatibilitas menggunakan prosesor x86 yang diketahui saat ini didominasi oleh Intel, kali ini dengan kehadiran prosesor berbasis ARM pada Windows 8 (RT), kompetisi antar pembuat chip prosesor ini akan menjadi semakin seru terutama pada pasar tablet yang sedang booming saat ini. CEO Intel Paul Otellini mengatakan bahwa perusahaannya (Intel) selalu memiliki kompetitor, tetapi pada faktanya yang terbaik (Intel) selalu menjadi yang teratas.

Dalam sebuah interview dengan website AllThingsD, Paul Otellini membandingkan ARM dengan para kompetitor terdahulunya seperti Via Technology dan juga Transmeta yang pada akhirnya gagal meraih kesuksesan di pasaran dan kini menjadi bangkrut. Via Technology sempat membuat prosesor berbasis x86 yang cukup menjanjikan namun nampaknya tidak menarik banyak user untuk menggunakannya, sementara Transmeta menjadi bangkrut setelah mengganti fokusnya dari hardware menjadi pembuat software power management LongRun dan LongRun 2.

ARM sendiri sebagai pembuat chip prosesor low-power sudah dilisensi oleh banyak vendor seperti perusahaan raksasa Samsung Electronics, Qualcomm dan NVIDIA sebagai produsen gadget smartphone dan tablet yang mendominasi saat ini, dan pangsa pasar inilah yang juga ingin diincar Intel mengingat tren menurunnya tingkat penjualan PC setiap tahun, dan kini para user lebih memilih untuk membeli tablet dan juga smartphone. Namun Otellini berargumen walaupun tablet akan menjadi semakin populer, tetapi keberadaannya tidak akan menggantikan fungsi sebuah PC. Banyak tablet terbaru saat ini yang juga dirilis dengan sebuah keyboard yang berarti hal ini mengilustrasikan masih banyak user yang menginginkan pengalaman selayaknya menggunakan PC. Mengenai ARM yang akan bisa dijalankan pada Windows 8 RT, Otellini mengakui tidak terlalu mencemaskan ancaman tersebut, karena Windows 8 yang digunakan pada prosesor berbasis x86 akan memiliki lebih banyak kelebihan dan juga banyak aplikasi dari generasi Windows sebelumnya dipastikan dapat berjalan dengan lancar.

Tags:

Share This:

Comments

RANDOM ARTICLES