in: Popular Science | October 8, 2012 | by: Ernest Dimitria

Kandungan Racun dalam Samsung Galaxy S3 Lebih Tinggi Dibanding iPhone 5

Bahaya smartphone tidak hanya datang dari pancaran radiasi yang dipercaya mampu menyebabkan kanker bagi penggunanya. Racun yang terkandung dalam material-material smartphone pun ikut membahayakan kesehatan lingkungan.

Para ahli dari HealthyStuff.org melakukan penelitian terhadap 36 smartphone yang diproduksi dan  dijual di pasaran dalam lima tahun terakhir, termasuk di antaranya rangkaian model iPhone, Samsung, Motorola, dan BlackBerry. Jajaran smartphone itu dibongkar dan setiap bagiannya diproses untuk mengetahui komposisi kimia dalam setiap material yang digunakan.

Seperti yang dilansir DailyMail.co.uk, setiap smartphone dalam penelitian mengandung setidaknya satu dari bahan-bahan berbahaya, seperti timah, brom, klorin, merkuri, dan kadnium. Lalu, model smartphone apa yang paling berbahaya? Bagaimana dengan smartphone terbaru dari Apple?

Berdasarkan hasil penelitian yang dipublikasikan ifixit.org, Motorola Citrus menduduki peringkat pertama sebagai smartphone paling sehat, sedangkan iPhone 2G merupakan smartphone dengan kandungan material paling berbahaya. iPhone 5 sendiri berada di peringkat kelima, sedangkan kompetitor utamanya—Samsung Galaxy S3—menduduki peringkat kesembilan sebagai smartphone dengan bahan paling aman.

Peringkat tersebut dibuat berdasarkan rentang nilai 0—5 yang ditetapkan berdasarkan tiga kriteria, yaitu berdasarkan komposisi kimia, komponen, dan keseluruhan. Setiap kandungan berbahaya dalam masing-masing smartphone dapat mencemari lingkungan dari proses manufaktur hingga akhir hidup perangkat tersebut.

Tags:

Share This:

Comments

RANDOM ARTICLES