in: Digital Camera - News | October 25, 2012 | by: Bhisma Sidarto

Nikon Patenkan Fitur Khusus Untuk “Camera Toss Photography”

Camera Toss adalah salah trend photography yang sedang menjamur di dunia. Biasanya trend seperti ini akan dianggap angin lalu karena umurnya yang cukup pendek,tetapi Nikon berpendapat lain. Mereka baru saja mengajukan paten yang  mendukung genre photography ini. Apa saja fitur tersebut? Mari kita simak bersama!

Seperti bidang lain, photography tidak lepas dari trend. Salah satu trend unik yang sedang hadir adalah melemparkan kamera ke udara untuk mengambil photo, nama populer dari metode ini adalah camera toss. Cara ini menjadi cukup populer karena sudut pandang yang diberikan cukup unik. Umumnya teknik ini dilakukan dengan mengeset kamera pada mode self-timer dan melemparkannya ke udara. Cara ini sangat bergantung pada keberuntungan karena belum tentu waktu yang kita masukkan ke self-timer dan posisi kamera di udara berada pada kondisi yang tepat.

Nikon melihat bahwa teknik photography ini kelihatan cukup populer sehingga mereka mengajukan paten terhadap fitur yang akan mendukung teknik camera toss. Pada paten No. 2012-189859 (bisa dilihat diatas) Nikon akan mengaplikasi mode dimana kamera akan mengambil gambar secara automatis. Menggunakan accelerometer yang tertanam dalam kamera, mode ini mengukur kecepatan dan sudut posisi terbaik untuk mengambil gambar (umumnya di apex atau puncak lemparan). Fitur lain yang diajukan patennya adalah perlindungan khusus untuk bagian kamera yang rentan goncangan.

Mungkin Anda penasaran dengan hasil photo yang menggunakan teknik ini, dibawah ini beberapa contohnya :

Penasaran mengenai teknik ini ? Video dibawah ini dari DigitalRev mungkin akan “membantu” Anda dalam menekuni teknik photography ini.

Sumber : Petapixel

 

Tags:

Share This:

Comments

RANDOM ARTICLES