in: Graphics Card - News | October 14, 2012 | by: Ridwan Fariz

NVIDIA GeForce GTX 780 Masih Berbasis Kepler GK114?

Berita mengenai teknologi masa depan memang selalu menarik untuk diikuti, terutama dalam hal ini mengenai teknologi graphics card. Beberapa waktu yang lalu kami pernah mengabarkan rumor mengenai kemungkinan kehadiran GPU berbasis Maxwell pada graphics card NextGen NVIDIA GTX 780 nanti, namun kali ini terdapat berita yang cukup bertolak belakang dari berita sebelumnya, sumber dari SemiAccurate menyebutkan bahwa terdapat dua buah GPU yang dipersiapkan NVIDIA yaitu GK114 dan GK114-GX. Masih belum tersedia detail mengenai GPU GK114-GX ini, namun melihat penamaannya SemiAccurate mengasumsikan bahwa kedua GPU ini tidak akan jauh berbeda dari segi spesifikasi.

GK114 ini nantinya akan digunakan pada graphics card penerus GTX 680 saat ini, yaitu GTX 780. Menggunakan GPU yang masih memiliki arsitektur Kepler yang sama, SemiAccurate mengatakan dengan cukup pesimis bahwa graphics card ini tidak akan menawarkan banyak inovasi baru karena keterbatasan dari proses (process limits) yang dimiliki arsitektur ini sendiri. Dari segi performa, GK114 ini dijanjikan memiliki  peningkatan sekitar 15% dari graphics card GTX 680 sebelumnya. Pernyataan ini sangatlah menarik, apabila kita melihat rumor mengenai Project Sea Island milik AMD, yang menjanjikan peningkatan performa berkisar 15% juga dari graphics card terkencang milik kompetitor saat ini (GK104).

“Best Case Scenario” graphics card NextGen NVIDIA ini sudah bisa hadir pada bulan Maret 2013, namun apabila melihat track record NVIDIA, bulan April atau Mei sepertinya terdengar lebih realistis. Bagi Anda  yang senang melihat “pertarungan” antara dua kubu NVIDIA VS AMD, berdasarkan rumor tersebut, tahun 2013 akan menjadi tahun yang menarik, karena kedua kubu akan menurunkan “jagoan”-nya pada perkiraan level yang setara. Namun sebaliknya bagi Anda yang mendambakan inovasi baru dari teknologi graphics card mungkin akan sedikit kecewa, karena kemungkinan kita baru bisa melihat “sepak terjang” Maxwell pada tahun 2014 mendatang. Bagaimana menurut pembaca, apakah langkah yang dilakukan NVIDIA ini merupakan bentuk dari ketidak siapan mereka untuk merilis Maxwell? Ataukah NVIDIA sengaja, masih ingin memanfaatkan teknologi Kepler yang memang umurnya belum menginjak satu tahun ini dengan tidak terburu-buru untuk merilis teknologi terbarunya? Mari kita nantikan saja berita selanjutnya.

Tags:

Share This:

Comments

RANDOM ARTICLES