in: Otomotif - Popular Science | October 29, 2012 | by: Ernest Dimitria

Permukaan Jalan Raya Belanda akan Glow-in-the-Dark

Umumnya pengalaman mengemudi disempurnakan melalui rangkaian fitur dan teknologi yang disematkan dalam kendaraan. Dari sistem kemudi hingga beragam informasi yang mampu meningkatkan keamanan dan kenyamanan mengemudi dikembangkan oleh para produsen mobil. Namun, bagi Daan Roosegaarde dan Heijmans Infrastructure, penyempurnaan pengalaman mengemudi juga harus dilakukan dengan penyematan teknologi di jalan raya.

*Image source: Autoblog Green.

Kedua perusahaan asal Belanda itu memamerkan prototipe pertama dari Smart Highway dalam ajang Dutch Design Week. Desain inovatif yang dihadirkan dalam jalan raya “pintar” itu antara lain Glow-in-the-dark Road dan Dynamic Paint.

Glow-in-the-dark Road mampu menerangi kontur jalan pada malam hari selama 10 jam. Penggunaan sinar matahari sebagai sumber energi mengurangi kebutuhan penggunaan listrik untuk penerangan.

Selain penerangan, informasi mengenai kondisi jalan pun menjadi perhatian Roosegaarde dan Heijmans. Informasi tersebut datang dari Dynamic Paint, sebuah cat yang baru terlihat ketika terjadi fluktuasi suhu dan memancarkan informasi langsung kepada pengemudi. Seperti dilansir Autoblog Green, salah satu contoh fungsi teknologi Dynamic Paint adalah memperlihatkan kristal es yang menjadikan jalan licin. Informasi seperti itu tentunya mampu menunjang keselamatan pengemudi.

Glow-in-the-dark Road dan Dynamic Paint akan ditemani dengan rangkaian teknologi lain, seperti Interactive Light, Induction Priority Lane, dan Wind Light. Rencananya rangkaian teknologi tersebut akan menghiasi jalan raya Belanda pada pertengahan 2013.

Konsep Smart Highway hasil kolaborasi antara Roosegaarde dan Heijmans pun berhasil meraih Dutch Design Awards untuk kategori Best Future Concept.

Tags:

COMMENTS

comments!

RANDOM ARTICLES