in: News | October 12, 2012 | by: Yufianto Gunawan

Perusahaan Asal Rusia Coba Siapkan Emulator x86 untuk ARM

Sebuah perusahaan start-up asal Rusia, Elbrus Technologies, mencoba membuat gebrakan di dunia IT. Perusahaan yang berasal dari Moscow tersebut berencana untuk mengerjakan sebuah binary translator yang memungkinkan aplikasi berbasis arsitektur x86 untuk berjalan di platform berbasis ARM!

Proyek pembangunan emulator x86 untuk ARM tersebut telah berlangsung sejak awal 2012 lalu. Saat ini mereka telah berhasil membangun jembatan x86 ke ARM untuk sekitar 50% dari instruksi yang ada. Namun, mereka belum mengerjakan berbagai instruksi tambahan x86 yang cukup banyak digunakan oleh aplikasi yang ada saat ini, seperti SSE dan MMX. Elbrus Technologies sendiri berharap versi beta dari emulator tersebut akan siap dicoba pada pertegahan tahun 2013 nanti.

Emulator x86 untuk platform ARM tersebut diharapkan dapat membantu mempercepat adopsi server berbasis ARM. Hal itu bisa saja terwujud, mengingat bila nantinya emulator tersebut benar-benar sukses menjalankan aplikasi x86 di server ARM, pengelola server maupun data center bisa langsung menjalankan aplikasi-aplikasi yang biasa mereka gunakan tanpa harus mengubah kode-kode aplikasi tersebut ke basis yang dikenali oleh platform ARM.

Server berbasis ARM memang telah beberapa lama menjadi bahan pembicaraan yang menarik di kalangan pengelola server dan data center, terutama untuk digunakan mendukung kebutuhan komputasi yang tidak terlalu tinggi. Rendahnya daya yang dikonsumsi prosesor tersebut saat bekerja tentu saja bisa menekan pengeluaran terkait dengan penggunaan listrik. Sayangnya, belum banyaknya dukungan aplikasi untuk server ARM tersebut sedikit menghambat pengadopsiannya. Tentunya, dengan kehadiran emulator x86 untuk ARM, hambatan yang ada tersebut bisa teratasi.

Tags:

Share This:

Comments

RANDOM ARTICLES