[PR] Canon EOS M – Kamera Saku Berteknologi EOS System

Reading time:
October 2, 2012

Jakarta, 2 Oktober 2012 Selaku pemimpin industri pencitraan digital global, Canon meluncurkan generasi kamera inovatif dijajaran EOS bernama EOS M. Sekilas, penampilan EOS M menyerupai kamera saku digital pada umumnya. Namun apabila ditelusuri lebih lanjut, teknologi legendaris EOS telah disematkan ke dalam kamera mungil ini.

Dari segi bodi, ukurannya tergolong kecil. Meskipun demikian, Canon EOS M mengusung sensor besar APS-C (22,3 x 14,9mm) seperti yang terdapat di kamera DSLR EOS serta dapat digunakan dengan lebih dari 60 pilihan jenis lensa EF dan EF-S yang tersedia di pasaran melalui bantuan adaptor. Selain itu, sistem mirrorless pada kamera ini memungkinkan untuk memasukkan semua fitur kamera DSLR ke dalam kamera EOS M yang berdimensi ringkas nan ringan.

“Canon EOS M merupakan pilihan ideal bagi siapa saja yang mendambakan kualitas foto dan performa sekelas DSLR dengan ukuran camera yang ringan dan ringkas berkat sitem mirorrless dan teknologi canggih yang ditanamkan, termasuk bagi pengguna kamera EOS yang menginginkan sebuah kamera sekunder yang ringan dan dapat menggunakan beragam lensa EF beserta aksesorinya,” ungkap Merry Harun – Canon  Division Director, pt. Datascrip.

Canon EOS M Black

Dimensi yang Ringkas 

Dengan mengadopsi teknologi mirrorless, ukuran dan bobot EOS M berkurang secara signifikan. Desain ini dicapai dengan menghilangkan beberapa bagian komponen yang ada di kamera DSLR, seperti viewfinder, cermin utama, dan mekanisme penggerak cermin. Bila dibandingkan dengan kamera EOS 650D, Canon EOS M memiliki dimensi 59% lebih ramping, 33% lebih kecil, dan 55% lebih ringan.

Berlawanan dengan dimensinya yang kecil, EOS M mengusung kecanggihan generasi EOS dengan sensor CMOS APS-C 18-Megapiksel yang dipadukan dengan prosesor gambar DIGIC 5. Kombinasi sempurna ini membuat EOS M mampu menghasilkan foto-foto dan video berkualitas tinggi dan rendah noise pada kondisi minim cahaya dengan kemampuan penggunaan ISO setinggi 12800 (yang dapat ditingkatkan lagi hingga 25600).

Handal dan Mudah Digunakan

EOS M menawarkan kemudahan pengoperasian melalui LCD layar sentuh berukuran 3 inci. Fitur EOS M yang sangat membantu pengguna awam adalah Feature Guide yang menampilkan penjelasan pengaturan kamera. Sementara sistem EOS Scene Analysis dan Auto Lighting Optimizer mampu mendeteksi secara otomatis berbagai macam jenis pencahayaan.

Hasil Terbaik Setiap Saat 

Dengan menggabungkan teknologi AF deteksi fase dan AF kontras ke sistem Hybrid CMOS AF, EOS M hadir dengan fokus berkecepatan tinggi dan presisi. Canon EOS M juga dilengkapi berbagai metode AF seperti Face Detection dan Multi-Point AF. Dengan menggunakan kedua metode tersebut, kamera secara otomatis mampu mendeteksi wajah, bahkan dalam posisi miring sekalipun.

Sedangkan untuk pengambilan gambar dalam kondisi cahaya yang ekstrim, Canon EOS M dilengkapi dengan fungsi HDR Backlight Compensation yang melakukan pengambilan gambar tiga kali berturut-turut untuk menghasilkan gambar optimal. Ada pula Multi-shot Noise Reduction untuk menghasilkan foto yang tajam dan mengurangi noise pada foto.

“Canon EOS M hadir dengan filter yang menarik dan kreatif seperti Grainy/Black and White, Soft Focus, Toy Camera, Miniature, Art Bold, Water Painting, hingga Fish-Eye effect. Dengan filter-filter tersebut kreativitas para penggunanya akan semakin terpacu dalam mengabadikan foto dari sisi yang berbeda,” ujar Sintra WongMarketing Manager Canon Image Communication Product Division, pt. Datascrip.

Lensa Baru EOS M dan Mount Adapter EF-EOS M 

Lensa EF-M18-55mm f/3.5-5.6 IS STM dan EF-M22mm f/2 STM merupakan lensa yang ringkas dan nyaris tanpa suara saat melakukan Auto-Focus (AF). Lensa-lensa terbaru Canon telah dilengkapi dengan Diafragma Elektro Magnetik dengan 7 pisau circular aperture untuk menghasilkan efek bokeh yang indah pada hasil foto dan video. Lensa EF-M 22mm f/2 STM sendiri merupakan lensa pancake yang ringan dan menjaga dimensi EOS M tetap ringkas.

Sama dengan kamera Canon EOS lainnya, EOS M dapat memanfaatkan seluruh jajaran lensa EF dan EF-S berkat EF Mount Adapter-EOS M.

Canon EOS M

Full HD Video

Seperti halnya EOS M yang mampu menghasilkan foto yang cemerlang, kamera ini dapat pula digunakan untuk syuting video dengan kualitas Full HD. Sensor APS-C dan prosesor DIGIC 5 memungkinkan EOS M syuting video dengan menggunakan ISO tinggi untuk menghasilkan video yang detil di setiap framenya.

Keunggulan Auto Focus EOS M salah satunya terlihat dari mode Movie Servo AF. Mode ini terdiri dari tiga metode yang berbeda: Face Detection + Tracking AF, FlexiZone Multi dan FlexiZone Single. Ketiganya dapat diaktifkan sekaligus, meskipun saat EOS M tidak sedang merekam.

Ada empat ragam warna pilihan yang bisa dipilih sesuai gaya penggunanya, yakni hitam, putih, silver, dan merah.

Load Comments

Gadget

March 5, 2024 - 0

Review vivo V30: Lebih Murah, Lebih Kencang dan Irit dengan Snapdragon + 3 Kamera 50 MP

vivo V30 , smartphone ini juga dibawa vivo hadir resmi…
March 5, 2024 - 0

Review realme 12 Pro+ 5G: Smartphone Berkamera Tele Periscope Paling Murah!

Kalau kalian mencari smartphone mid range dengan kamera telephoto terbaik…
January 26, 2024 - 0

Review vivo Y100 5G: Desain Premium, AMOLED 120 Hz, 5G, Snapdragon BARU!

vivo Y100 5G, ini adalah smartphone terbaru dari jajaran vivo…
December 30, 2023 - 0

Review CMF Watch Pro: Smartwatch dengan Layar 1,96 Inci AMOLED dan Desain Unik

CMF Watch Pro dibanderol dengan harga Rp1.149.000. Dengan harga tersebut…

Laptop

March 7, 2024 - 0

Review MSI Prestige 13 AI EVO A1M: Laptop AI PC Super Tipis, Ringan, Kencang & Irit!

Kali ini kita kedatangan salah satu “AI PC” dari MSI.…
March 6, 2024 - 0

Review Axioo Hype 5 AMD: Laptop 5 Jutaan Sekencang & Selengkap Ini?

Laptop murah yang harganya 5 jutaan ini ternyata kuat juga…
March 5, 2024 - 0

Review ASUS Vivobook Pro 16X OLED K6604: Laptopnya Kreator Profesional!

Laptop ini cocok banget untuk cari duit terlebih bagi kalangan…
February 6, 2024 - 0

Rekomendasi Laptop Premium dari HP – Mulai 10 Jutaan

Di Video rekomendasi kali ini, kami coba pilihkan untuk kalian…

Gaming

March 7, 2024 - 0

Persona 3 Reload Dapat “The Answer”, Rilis Berbayar di September 2024

Apa yang berhasil dilakukan oleh ATLUS dan tim Persona dengan…
March 7, 2024 - 0

Capcom Pamer Gameplay Perdana Kunitsu-Gami: Path of the Goddess

Laporan finansial yang memecahkan rekor selama beberapa tahun terakhir memang…
March 6, 2024 - 0

Ghost of Tsushima Resmi Tuju PC, Rilis Mei 2024!

Perlahan tapi pasti, gamer PC terus menikmati perubahan kebijakan “eksklusivitas”…
March 6, 2024 - 0

Makin Optimal, Tuntutan VGA Minimum Alan Wake 2 versi PC Turun!

  Berbeda dengan konsol yang dibangun dengan hanya satu spesifikasi…