[PR] IBM Atasi Ancaman Keamanan pada Komputasi Bergerak, Awan dan Big Data

Reading time:
October 31, 2012

Mengumumkan rangkaian piranti lunak keamanan terbesar

Jakarta, 30 Oktober 2012: Sebagai upaya untuk mengurangi ancaman keamanan terbesar yang dihadapi perusahaan-perusahaan dalam mengimplementasikan inisiatif komputasi awan, komputasi bergerak dan big data, IBM (NYSE: IBM) hari ini mengumumkan serangkaian piranti lunak keamanan untuk secara holistik mengamankan data dan identitas. 

Kemampuan piranti lunak IBM yang baru ini membantu pelanggan secara lebih baik mengendalikan perangkat bergerak, memitigasikan ancaman dari luar maupun dalam, mengurangi ancaman keamanan di lingkungan komputasi awan, memperluas keamanan berbasis data untuk mendapatkan wawasan real-time ke dalam lingkungan big data seperti Hadoop, dan mengotomatisasikan pengelolaan keamanan data dan kepatuhan. Bersama dengan IBM Security Services dan kemampuan penelitian IBM yang berkelas dunia, rangkaian kemampuan yang skalabel ini mendukung pendekatan proaktif dan holistik untuk mengatasi ancaman keamanan, dimana meliputi manusia, data, aplikasi dan infrastrukturnya.

“Saat ini terjadi sebuah pergeseran besar dalam cara perusahaan-perusahaan melindungi data,” tutur Collin Penman, ASEAN Business Unit Executive, IBM Security Systems. “Kini data terdapat dimana-mana – perangkat bergerak, platform awan dan media sosial. Semua ini menciptakan data dalam jumlah yang sangat besar, sehingga perusahaan-perusahaan terpaksa harus meninggalkan cara-cara lama yang terkotak-kotak dan mengadopsi pendekatan baru yang bersifat multi-perimeter dimana inteligen keamanan ditempatkan lebih dekat dengan sasarannya.”

Menurut 
IBM Global Reputational Risk and IT Survey pada tahun 2012, eksekutif senior di tingkat global mengidentifikasi resiko TI – mulai dari pencurian data hingga penggunaan teknologi baru seperti komputasi awan, komputasi bergerak dan media sosial – sebagai keprihatinan utama mereka. 

Saat ini, dalam suatu pengumuman terbesar sejak IBM meluncurkan divisi Security Systems-nya yang baru di awal tahun ini, IBM memperkenalkan 10 produk dan pencanggihan baru untuk membantu perusahaan-perusahaan menghantarkan keamanan real time untuk komputasi awan, komputasi bergerak dan big data. 

Keamanan Real Time untuk Lingkungan Big Data
Karena volume, jenis dan kecepatan informasi meningkat pesat, perusahaan-perusahaan tidak cukup hanya mengandalkan sumber data yang ada untuk meraih wawasan, untuk membuat perusahaan lebih gesit, dan untuk menjawab pertanyaan yang sebelumnya dianggap di luar kemampuan mereka. Saat ini, teknologi-teknologi canggih, seperti lingkungan berbasis Hadoop, membukakan pintu ke berbagai kemungkinan baru. Di saat yang sama, karena perusahaan-perusahaan mengkonsumsi lebih banyak data, mereka menghadapi resiko ketika memasuki lingkungan yang rumit dan beresiko. Selain itu, mereka juga diharuskan untuk mematuhi berbagai peraturan yang rumit. Pendekatan tradisional untuk melindungi data sering kali tidak memadai untuk memenuhi semua tuntutan ini. 

Dengan pengumuman hari ini, IBM adalah yang pertama kali menawarkan solusi keamanan data untuk Hadoop dan lingkungan big data lainnya. Dengan kendali terpusat atas berbagai sumber data, pelanggan dapat memahami pola pengaksesan aplikasi dan data, membantu mencegah kebocoran data dan menegakkan kendali atas perubahan data. Pelaporan audit built-in yang terdapat pada keamanan real-time ini, dapat digunakan untuk membuat laporan kepatuhan secara berkala dan mendokumentasikan hasil dari tindakan perbaikan yang diambil. Perusahaan-peruahaan juga dapat mengotomatisasikan kegiatan pendeteksian kerentanan dan menyarankan prioritas tindakan perbaikan dalam berbagai jenis infrastruktur. Selain itu, IBM juga menawarkan penyamaran data sensitif ketika data tersebut keluar-masuk sistem big data. 

Solusi-solusi keamanan data pada lingkungan Big Data meliputi:
· IBM InfoSphere Guardium for Hadoop

· IBM InfoSphere Optim Data Privacy

· IBM Security Key Lifecycle Manager
Selain pengamanan data di lingkungan-lingkungan multi-perimeter, IBM juga mengumumkan penyempurnaan terhadap pengelolaan enkripsi data, sehingga memungkinkan perusahaan-perusahaan untuk mengotomatisasikan pemulihan utama dan mendukung versi terbaru dari standar Key Management Interoperability Protocol (KMIP).

Mobile Security Framework Meningkatkan Akses dan Perlindungan terhadap Ancaman
Hari ini IBM juga mengumumkan solusi pengendalian otentikasi berbasis resiko untuk pengguna perangkat bergerak, pengintegrasian pengelolaan akses ke dalam pengembangan dan penyebaran aplikasi bergerak, serta pengendalian perangkat bergerak yang telah dipercanggih. IBM juga mengumumkan Mobile Security Framework yang komprehensif untuk membantu perusahaan-perusahaan mengembangkan lingkungan keamanan yang mudah diadaptasikan untuk melindungi data di perangkat bergerak, di pintu akses dan di aplikasi-aplikasi.

Dengan peluncuran kemampuan pengelolaan akses yang baru, IBM kini menawarkan context aware access control yang lebih baik untuk pengguna perangkat bergerak, perlindungan terhadap ancaman yang lebih baik, dan pengendalian perangkat bergerak yang telah dipercanggih. Dengan serangkaian portofolio solusi untuk keamanan dan pengelolaan perangkat bergerak yang luas – termasuk solusi-solusi untuk inteligen keamanan bergerak dan keamanan aplikasi bergerak, IBM dapat membantu melindungi perusahan dari kebocoran keamanan, baik yang berbahaya maupun yang tidak sengaja karena resiko yang ditimbulkan oleh pengaksesan data dan aplikasi – kapanpun, dimanapun dan dari perangkat apapun.

Solusi keamanan pada komputasi bergerak meliputi:

· IBM Security Access Manager for Cloud and Mobile

· IBM Endpoint Manager for Mobile Devices
IBM Mentransformasikan Keamanan Awan dari Hambatan menjadi Pendorong
Meskipun dapat meningkatkan produktifitas dengan akses informasi dimana saja dan kapan saja, awan juga dapat menimbulkan tantangan bagi keamanan perusahaan. Untuk mewujudkan manfaat nyata yang ditawarkan komputasi awan, perusahaan-perusahaan membutuhkan solusi-solusi kemanan terintegrasi untuk membantu mereka menghadapi resiko yang tercipta. 

IBM hari ini mengumumkan berbagai pencanggihan terhadap portofolio keamanannya yang dirancang untuk mengatasi tantangan-tantangan baru ini, menyediakan visibilitas yang lebih baik dan tingkat otomatisasi dan pengelolaan tambalan yang lebih tinggi untuk membantu perusahaan-perusahaan mematuhi peraturan, mencegah akses tidak berwenang dan melindungi diri dari berbagai ancaman dengan memanfaatkan inteligen keamanan canggih. 

Dengan solusi IBM SmartCloud™for Patch Management yang baru, tambalan dapat dikelola secara otomatis, dimanapun lokasinya. Selain itu, siklus perbaikannya juga berkurang dari hitungan minggu menjadi hitungan jam, sehingga mengurangi resiko keamanan. IBM juga mengumumkan pencanggihan terhadap IBM QRadar Security Intelligence Platform yang menyediakan sebuah arsitektur terunifikasi untuk mengumpulkan, menyimpan dan memeriksa log, ancaman, kerentanan dan data yang terkait dengan ancaman, sehingga perusahaan dapat meraih wawasan yang lebih baik atas kegiatan di seluruh bagian perusahaan dan memungkinkan pengambilan keputusan yang lebih terinformasi.

Solusi keamanan untuk awan yang meliputi:· IBM SmartCloud for Patch Management

· IBM Security Access Manager for Cloud and Mobile

· IBM Security Privileged Identity Manager

· QRadar SIEM and QRadar Log Manager

Selain itu, IBM mengumumkan kemampuan keamanan mainframe yang mempercanggih inteligen keamanan di seluruh perusahaan berdasarkan pengintegrasian solusi keamanan QRadar yang menyediakan peringatan dan pelaporan audit real time. Mainframe ini memungkinkan sertifikasi Common Criteria Evaluation Assurance Level 5+ (EAL 5+) untuk partisi logis, menyediakan sebuah platform untuk mengkonsolidasikan sistem, membantu melindungi awan pribadi, dan membantu mengamankan lingkungan tervirtualisasi. Penyempurnaan terhadap IBM Security zSecure membantu mengurangi biayaoverhead administrasi, pelaporan kepatuhan otomatis, mengotomatisasikan pelaporan kepatuhan, menegakkan kebijakan keamanan, dan secara proaktif mendeteksi ancaman.

Load Comments

Gadget

March 5, 2024 - 0

Review vivo V30: Lebih Murah, Lebih Kencang dan Irit dengan Snapdragon + 3 Kamera 50 MP

vivo V30 , smartphone ini juga dibawa vivo hadir resmi…
March 5, 2024 - 0

Review realme 12 Pro+ 5G: Smartphone Berkamera Tele Periscope Paling Murah!

Kalau kalian mencari smartphone mid range dengan kamera telephoto terbaik…
January 26, 2024 - 0

Review vivo Y100 5G: Desain Premium, AMOLED 120 Hz, 5G, Snapdragon BARU!

vivo Y100 5G, ini adalah smartphone terbaru dari jajaran vivo…
December 30, 2023 - 0

Review CMF Watch Pro: Smartwatch dengan Layar 1,96 Inci AMOLED dan Desain Unik

CMF Watch Pro dibanderol dengan harga Rp1.149.000. Dengan harga tersebut…

Laptop

March 7, 2024 - 0

Review MSI Prestige 13 AI EVO A1M: Laptop AI PC Super Tipis, Ringan, Kencang & Irit!

Kali ini kita kedatangan salah satu “AI PC” dari MSI.…
March 6, 2024 - 0

Review Axioo Hype 5 AMD: Laptop 5 Jutaan Sekencang & Selengkap Ini?

Laptop murah yang harganya 5 jutaan ini ternyata kuat juga…
March 5, 2024 - 0

Review ASUS Vivobook Pro 16X OLED K6604: Laptopnya Kreator Profesional!

Laptop ini cocok banget untuk cari duit terlebih bagi kalangan…
February 6, 2024 - 0

Rekomendasi Laptop Premium dari HP – Mulai 10 Jutaan

Di Video rekomendasi kali ini, kami coba pilihkan untuk kalian…

Gaming

March 8, 2024 - 0

Game Fighting Hunter x Hunter Dipastikan 2D!

Gamer mana yang tidak bergembira mendengar bahwa akhirnya, anime /…
March 8, 2024 - 0

Command & Conquer: Generals Kini Tersedia di Steam!

Sepertinya sulit untuk membicarakan game RTS dengan elemen militer kental…
March 8, 2024 - 0

Overwatch 2 Kolaborasi dengan Cowboy Bebop, Hadirkan Trailer Keren!

Kolaborasi antara dua buah franchise yang hadir di media yang…
March 8, 2024 - 0

Kreator Dragon Ball – Akira Toriyama Meninggal Dunia

Hampir semua anak-anak Indonesia yang sempat tumbuh besar di era…