in: Overclocking | October 12, 2012 | by: Alva "Lucky_n00b" Jonathan

Preview Overclocking AMD APU Trinity A10-5800K : 4.6 Ghz Dengan Relatif Mudah

Beberapa hari lalu, ada kabar yang menyebutkan bahwa prosesor AMD terbaru yakni AMD APU A10-5800K,sudah memasuki pasaran Indonesia. Penasaran dengan info ini, Tim JagatOC langsung berangkat menuju areal pertokoan Mangga Dua Jakarta untuk memastikan kebenaran hal tersebut, dan benar saja : prosesor yang juga populer dengan sebutan AMD Trinity tersebut sudah resmi dijual (walaupun keberadaan motherboard soket FM2-nya masih dipertanyakan). Singkat cerita, sepulangnya dari Mangga Dua , Tim JagatOC membawa pulang dua buah varian AMD APU Trinity : A10-5800K dan juga A8-5600K.

Mengingat AMD APU dengan soket FM2 ini baru saja rilis, informasi mengenai overclockability dari AMD Trinity masih belum terlalu banyak ditemui, walaupun ada juga yang sudah ‘membekukan’ prosesor ini dengan LN2 dan mencapai clockspeed 7.3Ghz yang mengagumkan. Maka dari itu, tim JagatOC langsung melakukan beberapa uji singkat overclocking pada AMD APU Trinity A10-5800K.

Platform Pengujian

Uji singkat overclocking AMD A10-5800K ini dipercayakan kepada motherboard Gigabyte F2A85X-UP4. Berikut ini adalah spesifikasi lengkap dari testbed yang digunakan pada uji overclocking kali ini.

  • PSU : Corsair AX850W Gold

  • Cooling : Corsair H100 Liquid Cooling

 

Lingkup Pengujian

Pengujian singkat ini bertujuan memberi gambaran kasar akan overclockability dari prosesor, IGP(Integrated Graphics), dan juga kapabilitas dari Integrated Memory Controller (IMC) untuk menangani memori DDR3 berkecepatan tinggi. Berikut ini ketentuan-ketentuan tambahan yang kami tetapkan saat pengujian berlangsung :

  • Semua variabel tegangan/voltase harus berada pada batas normal / aman. Kami memastikan hal ini dengan menjaga sebagian besar tegangan yang masuk ke APU (misal : CPU VCore, NB Voltage, APU VDD), maksimum bergeser +50mV dari keadaan defaultnya.
  • BCLK ditetapkan pada 100Mhz(default), tidak diubah
  • NB Frequency ditetapkan pada 1800Mhz(default), tidak diubah
Kami juga memastikan bahwa suhu APU terjaga baik selama pengujian berlangsung, dengan menggunakan pendingin jenis Liquid Cooling, karena HSF bawaan dari AMD A10-5800K tidak terlalu baik kualitasnya untuk menangani aplikasi overclocking.

Stock aluminium cooler? No, we’re NOT going to use that. Ever.

On to the next page!

Daftar Isi
Pages: 1 2 3
Tags:

COMMENTS

comments!

RANDOM ARTICLES