in: Graphics Card - News | October 6, 2012 | by: Ridwan Fariz

Setelah AMD Dual-GPU “Devil 13”, Kini Giliran Club3D yang Mempersiapkan HD 7990-nya

Gelar flagship graphics card paling kencang “that money can buy” untuk para konsumen saat ini masih dipegang oleh NVIDIA dengan graphics card dual GPU (Kepler)-nya yaitu GTX 690. Graphics card yang diproduksi dengan jumlah yang sangat terbatas ini berhasil diluncurkan oleh NVIDIA tidak berselang lama setelah kehadiran Kepler GTX 680 dan GTX 670-nya. Sementara di kubu AMD, yang faktanya berhasil terlebih dahulu menelurkan jajaran graphics card berbasis 28nm-nya, nampaknya mereka masih cukup kesulitan (atau mungkin enggan) untuk memproduksi graphics card flagship Top Of The Line-nya yaitu AMD “New Zealand” Dual-GPU HD 7990 kepasaran, dan satu-satunya opsi graphics card terkencang yang ditawarkan sampai saat ini AMD adalah single graphics card “Tahiti XT” HD 7970 GHz Edition.

PowerColor Devil13

Dikabarkan beberapa waktu lalu, PowerColor sebagai vendor graphics card Tier-1 AMD, bersama TUL Corporation berinisiatif untuk mendisain dan memproduksi sendiri graphics card yang memiliki spesifikasi seperti AMD New Zealand HD 7990 (Dual GPU Tahiti) yang direncanakan AMD. Dan dari proyek yang cukup ambisius ini pada akhirnya melahirkan sebuah produk graphics card yang mereka namakan “Devil 13” yang bertenagakan dua buah chip GPU Tahiti XT yang berjalan pada clock 1000 MHz (overclocked mode) dengan total memory 6GB GDDR5! Selain versi Devil 13, PowerColor juga memiliki varian standar dari “HD 7990” ini.

PowerColor HD 7990
Club3D HD 7990

Setelah PowerColor, kini giliran Club3D yang juga ingin merilis produk kelas enthusiast ini. Masih sama-sama menggunakan OEM dari TUL Technology, bahkan Club3D HD 7990 ini dapat dikatakan identik seperti graphics card PowerColor HD 7990 sebelumnya, baik dari segi penggunaan PCB maupun desain pendinginnya, satu-satunya hal yang kami temukan perbedaan dari kedua produk ini selain stiker pada ketiga fan HSF, adalah backplate dibelakang PCB yang digunakan Club3D. Masih belum terdapat informasi yang jelas mengenai detail spesifikasi yang digunakan, namun melihat persamaan kedua graphics card antara Club3D dan PowerColor kemungkinan besar graphics card ini akan memiliki spesifikasi yang sama juga (Clock 925 MHz). Mengenai harga, diperkirakan graphic card Dual GPU ini akan dibandrol pada kisaran US$800, alternatif bagi para user yang tidak ingin melakukan CrossFire HD 7970. Sumber

Tags:

Share This:

Comments

RANDOM ARTICLES