in: Gadget - News | October 2, 2012 | by: Ridwan Fariz

Setelah Perilisan iPhone 5, Smartphone Android Kelas Atas Semakin Terjangkau?

Rata-rata satu buah Smartphone Android kelas atas terbaru dibandrol dengan harga €499 pada saat peluncurannya, bahkan untuk beberapa model ada yang bisa mencapai €600. Bagi sebagian kalangan memiliki handphone canggih dengan teknologi terbaru ini memberikan kepuasan tersendiri baik untuk memenuhi rasa penasarannya ataupun untuk sekedar prestise, walaupun harus merogoh kocek cukup dalam.

Tidak seperti Apple dengan iPhone-nya yang memiliki harga relatif stabil karena mereka merilis produknya secara berkala (konstan) tiap tahunnya, para vendor yang merilis produk Android ini harus mengatur dan menjaga harga jual dari produk-produk smartphone-nya ini mengingat persaingan yang sangat ketat dan juga perilisan produk terbarunya yang sangat cepat dalam dunia Android. Selain faktor persaingan sesama Android, perilisan produk terbaru dari Apple yaitu iPhone 5 juga turut mempengaruhi harga jual dari para “Robot Hijau” ini terutama untuk Android kelas atasnya.

Seperti yang dilaporkan fudzilla, jajaran Android flagship dari beberapa vendor mengalami penurunan harga, seperti Samsung dengan Galaxy S3 (16GB)-nya yang dibandrol dengan harga €549 pada awal perilisannya Juli lalu, kini smartphone ini sudah bisa ditemukan dengan kisaran harga €450-€470 di Jerman. LG dengan Smartphone Optimus 4X-nya juga memangkas harga hingga €100 dalam waktu beberapa bulan saja semenjak perilisannya dengan harga €499 kini para konsumen sudah bisa membelinya dengan harga €380 sampai €390 di Jerman dan Austria. Sementara HTC One X hanya memberikan potongan €50 saja dari harga awal perilisannya €499.

Tentu saja harga diatas tersebut mungkin baru hanya berlaku untuk kawasan Eropa dan beberapa negara lainnya, sementara bagi kita para konsumen di Indonesia nampaknya masih harus sedikit bersabar, namun satu hal yang pasti cepat atau lambat tren penurunan harga ini pasti akan terasa sampai sini. Bagaimana menurut para pembaca Jagat sekalian? Apakah kini merupakan saat yang tepat untuk memiliki Smartphone Android kelas atas ini? Ataukah Anda sudah cukup puas dengan handphone/gadget yang dimiliki saat ini? Android, iPhone, Nokia, ataupun BlackBerry user, silahkan berikan komentar Anda.

Tags:

Share This:

Comments

RANDOM ARTICLES