in: News | November 6, 2012 | by: Pramanaya Tjokronegoro

AMD Opteron dan NVIDIA Tesla Mempersenjatai Komputer Tercepat Di Dunia

Produsen super komputer ternama, Cray Inc., mengumumkan peluncuran super komputer terbarunya yang dijuluki “Titan”. Komputer ini memiliki nama resmi Cray XK7 dan dapat mencapai kecepatan operasi 20 petaflops menggunakan CPU AMD dan GPU NVDIA.

Titan ditempatkan dalam 200 kabinet komputer yang memakan tempat kira-kira seukuran lapangan basket. Dalam 200 kabinet tersebut dapat ditemukan 18.688 node komputer, di mana setiap node ditenagai oleh CPU 16-core AMD Opteron 6274 dan sebuah GPU NVIDIA Tesla K20. Titan sendiri adalah sebuah upgrade dari Cray XT5 yang dijuluki “Jaguar”. Upgrade ini dilaksanakan sesuai permintaan Oak Ridge National Laboratory (ORNL) milik Departemen Energi Amerika Serikat.

Dengan upgrade ini, Titan memiliki processing power 10x lebih tinggi dari Jaguar, mencapai 20.000 triliun operasi per detik, atau 20 petaflops. Dengan kecepatan setinggi itu, Titan diharapkan akan meraih posisi teratas dalam daftar komputer tercepat di dunia. Tidak hanya itu, Titan juga dirancang sebagai komputer yang lebih irit daya.

“Salah satu batasan super komputer adalah konsumsi daya, ” ujar Jeff Nichols, Wakil Direktur Laboratorium Penelitian Komputer ORNL. “Menggabungkan GPU dan CPU dalam satu sistem memakan daya yang lebih kecil dibandingkan sebuah sistem superkomputer yang hanya menggunakan CPU.”

Pipa pendingin Titan

Sebuah data dari NVIDIA menunjukkan bahwa GPU yang digunakan di Titan hanya memakan daya sampai 1/8 dari konsumsi daya CPU untuk jumlah operasi yang sama. NVIDIA Tesla K20 sendiri adalah tipe server dari Kepler GK110. Karena setiap K20 memiliki 2688 CUDA core, ini berarti secara total Titan memiliki 46.645.248 CUDA core. Kekuatan GPU ini didukung 91,25TB memori ECC GDDR5 (5GB GDDR5 per node).

Tak kalah memukau adalah jumlah total CPU core Titan, 299.008 core x86. Setiap node didukung RAM DDR3 32GB, sehingga jumlah RAM total dalam sistem Titan adalah 584 TB.

Sebuah board Titan berisi 4 node, dalam arti 4 x AMD Opteron 16-core, 4 x NVIDIA Tesla K20, dan 4 x RAM 32GB.

Untuk apa sih, komputer sekencang itu? James Hack, Direktur Laboratorium Penelitian Komputer ORNL, mengatakan, “Titan akan memungkinkan peneliti untuk mensimulasikan pergerakan benda fisika secara lebih realistis, lebih cepat, lebih akurat, dan lebih detail.”

Apa yang dimaksud dengan “pergerakan benda fisika”? Salah satu penggunaan Titan nantinya adalah untuk mensimulasikan pergerakan dan kondisi neutron dalam reaktor nuklir. Sebuah simulasi penggunaan bahan bakar reaktor nuklir yang sebelumnya membutuhkan penghitungan selama 60 jam di Jaguar, akan selesai hanya dalam waktu 13 jam di Titan. Penelitian seperti ini akan bermanfaat untuk menambah daya tahan bahan bakar reaktor nuklir sambil tetap mempertahankan keamanan reaktor.

Penggunaan Titan

Selain itu, Titan juga akan digunakan untuk simulasi pergeseran iklim (climate change), astrofisika, dan penelitian material secara struktur atom.

Namun, baik Cray maupun ORNL tidak menyebutkan biaya yang dikeluarkan untuk super komputer terbaru ini. Ada yang mau mengira-ngira biayanya?

Tags:

Share This:

Comments

RANDOM ARTICLES