LOGO
,

Gigabyte Siapkan Dua Motherboard Mini-ITX : GA-C807N dan GA-C847N

Gigabyte Technology dikabarkan sedang menyiapkan 2(dua) buah motherboard dengan form factor mini-ITX. Kedua motherboard yang sama-sama menggunakan chipset Intel NM70 ini akan dijual dengan prosesor Celeron 807 (1.5 Ghz Single Core) dan Celeron 847(1.1 Ghz Dual Core). Berikut ini penampilannya :

Gigabyte GA-C807N (dengan Celeron 807)

Gigabyte GA-C847N (dengan Celeron 847)

Kedua prosesor Celeron tersebut menggunakan packaging bertipe BGA(Ball Grid Array), sehingga kemungkinan besar mereka disolder langsung pada motherboard dan tidak mungkin di-upgrade ataupun diganti. Meski demikian,  Celeron 807 dan 847 menggunakan arsitektur Sandy Bridge dengan proses fabrikasi 32nm, sehingga memungkinkan mereka untuk memiliki performa yang cukup baik pada pekerjaan sehari-hari, tapi masih memiliki konsumsi daya yang rendah. Kebutuhan multimedia seperti memutar video HD 1080p juga harusnya ditangani dengan mudah oleh kedua prosesor ini, karena mereka memiliki Intel HD Graphics terintegrasi.

Melihat dari desain yang diberikan Gigabyte kepada kedua board ini, kami bisa menyimpulkan bahwa keduanya ditujukan kepada pengguna yang menyukai PC mungil / SFF (Small Form Factor) untuk kebutuhan ringan, ataupun sekadar dijadikan HTPC (Home Theatre PC). Sayangnya, hanya GA-C847N yang dilengkapi dengan port HDMI , yang pastinya banyak digunakan pengguna HTPC. Kami juga menyadari bahwa kedua motherboard tersebut hanya memiliki slot ekspansi berupa PCI dan tidak menyediakan slot PCIe, padahal sudah cukup banyak periferal PC sekarang ini (misal : TV Tuner, Sound Card) yang menggunakan interkoneksi PCIe.

Sampai sekarang, belum ada informasi harga pasaran untuk Gigabyte GA-C807N dan GA-C847N. Mari saja berharap bahwa harganya cukup murah sehingga kita bisa membangun sebuah PC Multimedia murah dan masih cukup bertenaga untuk kebutuhan sehari-hari.

Sumber : TechPowerUp

Random Articles
Back to Top