in: News | November 29, 2012 | by: Yufianto Gunawan

Hacker Bobol Situs Google, Microsoft, dan Yahoo!

Situs milik beberapa perusahaan raksasa, diantaranya Microsoft, Google, dan Yahoo! menjadi korban serangan hacker! Hari Rabu lalu, dikabarkan situs milik perusahaan-perusahaan tersebut yang menggunakan domain dari negara Rumania (.ro) tidak beroperasi dengan benar dan malah mengarahkan pengunjung yang mengunjungi situs tersebut ke sebuah halaman web yang tersimpan di sebuah server di Belanda!

Menurut halaman rujukan yang tersimpan di server di Belanda tersebut, deface pada situs-situs milik perusahaan-perusahaan terkemuka tersebut dilakukan oleh hacker dari Algeria dengan sandi MCA-CRB. Hacker tersebut tampaknya memanfaatkan celah keamanan yang terdapat di sistem DNS yang mengatur Top Level Domain milik Rumania (RoTLD) untuk memasukkan informasi palsu terkait alamat-alamat server yang seharusnya dirujuk oleh domain yang terkena deface.

Secara tidak langsung, serangan yang dilakukan MCA-CRB tersebut menunjukkan bahwa adanya celah keamanan yang bila tidak cepat ditutup oleh pengelola RoTLD, bisa jadi akan mengakibatkan kejadian serupa terulang di kemudian hari. Sayangnya, pihak terkait yang mengurus TLD di Rumania belum memberikan komentar dan tanggapan mereka terkait serangan hacker tersebut.

Selain ketiga perusahaan besar tersebut, MCA-CRB dikabarkan juga “menyerang” situs milik beberapa perusahaan lain, termasuk diantaranya PayPal dan Kaspersky. Untungnya, hingga saat ini, belum dilaporkan adanya kerugian besar yang diakibatkan oleh ulah dari hacker tersebut.

Tags:

Share This:

Comments

RANDOM ARTICLES