LOGO
,

Indonesia Berikan Pemasukan Terbesar Bagi Intel?

Semakin menjamurnya perangkat mobile seperti smartphone dan tablet ternyata berimbas negatif pada penjualan PC baik desktop maupun notebook. Belakangan ini angka penjualan tersebut mengalami penurunan di seluruh dunia. Meskipun begitu ternyata masih ada kabar baik datang dari negara kita sendiri, Indonesia.

Seperti kami kutip dari Wall Street Journal dan juga Fudzilla, jutaan PC (desktop dan notebook berbasis Intel) yang terjual kepada pengguna yang membeli PC untuk pertama kalinya di Indonesia, ternyata mampu memberikan pemasukan besar kepada Intel. Diperkirakan penjualan PC berbasis Intel akan semakin bertambah seiring dengan semakin meningkatnya pendapatan masyarakat Indonesia. Saat ini Intel memang sedang berjuang di pasar global yang semakin berkembang dimana perkembangan terbesar berada pada perangkat smartphone dan tablet non-Intel.

Menurut Uday Marty, Managing Director wilayah Asia Tenggara dari Intel Singapura, diperkirakan penjualan produk Intel di Indonesia akan meningkat 20% tahun ini. Dan jika melihat perbandingan 1 dari 10 masyarakat Indonesia yang memiliki PC, tentu masih terbuka peluang luas bagi Intel untuk mengembangkan pasarnya di negara dengan penduduk lebih dari 230 juta jiwa ini. Terlebih lagi 50% dari total populasi di Indonesia adalah penduduk berumur kurang dari 30 tahun yang kemungkinan besar akan membeli PC saat mereka memiliki dana untuk membelinya.

Kondisi seperti ini seperti mengingatkan kita semua pada RIM. Jika di negara lain penjualan BlackBerry mereka semakin mengalami penurunan, maka hal sebaliknya justru terjadi di Indonesia. RIM masih memiliki pangsa pasar besar disini. Terlebih beberapa masyarakat Indonesia masih menjadikan BlackBerry sebagai salah satu incaran untuk perangkat mobile mereka.

Sumber: WSJ dan Fudzilla

Random Articles
Back to Top