LOGO
,

Inilah LCD Monitor Ultra HD (4K) dari SHARP dengan Panel IGZO

SHARP, produsen perangkat elektronik asal Jepang ini akhirnya mulai memperlihatkan perangkat display mereka dengan panel IGZO (Indium Gallium Zinc Oxide). IGZO merupakan material semikonduktor yang dapat digunakan untuk menggantikan material amorphous silicon pada bagian active layer panel LCD. Elektron pada material IGZO memiliki kecepatan bergerak 40 kali lipat lebih tinggi dibandingkan pada material amorphous silicon. Alhasil panel LCD dengan material IGZO memiliki kepadatan piksel lebih tinggi  atau respone time lebih cepat. Dengan kepadatan piksel lebih tinggi produsen dapat membuat LCD monitor dengan resolusi gambar lebih tinggi pada ukuran panel yang sama.

SHARP PN-K321, inilah perangkat display terbaru yang menggunakan panel LCD IGZO. LCD monitor kelas profesional ini memiliki ukuran layar sebesar 32” dengan resolusi gambar 3840 x 2160 (Ultra HD/4K). Untuk input display, LCD monitor ini dilengkapi konektor Display Port dan juga HDMI.

Bagaimana dengan harganya? SHARP akan melepas PN-K321 dengan harga 450.000 Yen atau sekitar $5.500. Memang mahal. Akan tetapi mengingat monitor ini ditujukan untuk kalangan profesional (seperti 3D/CAD designer), harga tersebut cukup masuk akal. Tidak hanya itu, jika dibandingkan dengan LCD 4K lainnya, sebenarnya LCD monitor besutan SHARP ini tergolong cukup murah mengingat beberapa LCD 4K lainnya ditawarkan dengan harga puluhan ribu dolar. SHARP PN-K321 diperkirakan akan menampakkan dirinya ke publik pada ajang CES (Consumer Electronics Show) 2013 bulan Januari mendatang.

Bagaimana dengan Anda sendiri? Tertarik menikmati game ataupun film di monitor ini? Semoga saja dengan munculnya LCD monitor ini dapat mendorong kenaikan populasi monitor seperti ini sehingga harganya semakin murah.

Sumber

Random Articles
Back to Top