in: Desktop - News | November 11, 2012 | by: Gatot Tri Yuwono

Intel Segera Menjual NUC, Komputer Desktop Seukuran Telapak Tangan

Mungkin di antara Anda akan asing mendengar produk Intel NUC (Next Unit of Computing). Intel NUC pada dasarnya merupakan sebuah komputer desktop. Hanya saja Intel NUC memiliki keunikan pada ukurannya yang begitu mungil. Intel NUC memiliki ukuran sebesar 4×4 inci atau hanya seukuran telapak tangan orang dewasa.

Awalnya Intel mengaplikasikan NUC pada digital signage, sistem embeded, dan sistem sejenis lainnya. Akan tetapi baru-baru ini dikabarkan Intel akan menjual NUC untuk kalangan konsumen biasa. Diperkirakan Intel NUC akan segera dijual pada bulan Desember 2012 dalam bentuk barebone.

Terdapat dua tipe barebone NUC yang akan ditawarkan Intel yaitu DC3217IYE dan DC3217BY yang dimotori prosesor Intel Core i3 3217U (1.8 GHz, 3MB chace, 17 Watt TDP). Graphics card yang digunakan adalah Intel HD 4000 dengan motherboard chipset QS77. Dua barebone NUC ini dilengkapi 2 buah slot memori DDR3 tipe SO-DIMM, sebuah slot mSATA untuk SSD, dan sebuah slot mini PCIe untuk modul Wi-Fi/Bluetooth.

Perbedaan 2 unit barebone NUC ini terletak pada ketersediaan port. Tipe DC3217IYE memiliki 2 buah port HDMI dan sebuah port Gigabit LAN. Sedangkan tipe DC3217BY hanya memiliki sebuah port HDMI dan sebuah port Thunderbolt tanpa port Gigabit LAN. Cukup disayangkan 2 tipe barebone NUC ini tidak dilengkapi output audio analog. Output audio tampaknya harus mengggunakan port HDMI. Sedangkan tipe USB pada NUC ini masih mengandalkan USB 2.0, bukan USB 3.0.

Diperkirakan, unit barebone NUC (CPU+motherboard+casing+PSU 65W) akan mulai ditawarkan direntang harga $300-330 di pasar Amerika. Jangan lupa bahwa konsumen masih harus membeli komponen tambahan seperti memori, mSATA SSD, dan juga modul Wi-Fi yang dapat membuat harganya membengkak mendekati $500.

Bagaimana dengan Anda sendiri. Tertarik untuk memiliki komputer desktop dengan ukuran super mungil ini untuk komputer harian Anda? Ataukah Anda memiliki alternatif pilihan lainnya?

Sumber

Tags:

COMMENTS

comments!

RANDOM ARTICLES
News | March 15, 2015 | Comments

USB-C Segera Dibenamkan ke Piranti Android

Setelah melihat konektor USB-C di laptop Apple MacBook dan Chromebook Pixel baru, nampaknya tak lama lagi konektor tipe baru tersebut akan segera dibenamkan di berbagai piranti mobile yang diluncurkan tahun
Read More »
News | April 5, 2015 | Comments

Windows Bakal Jadi Open Source?

apakah nantinya Windows, sebagai bisnis inti Microsoft, juga bakal dijadikan open source? Seorang petinggi Microsoft, memberikan pernyataan cukup menarik terkait hal tersebut.