LOGO
,

Jepang Kembangkan Pemindai Buku Berkecepatan 250 Halaman per Menit

Di era digital ini, setiap konsumen dapat menyimpan koleksi bukunya dalam tablet dan membacanya kapan pun, di mana pun mereka mau. Namun, berapa lama waktu yang dibutuhkan untuk memindai sebuah buku fisik menjadi versi digital? Menurut laboratori Ishikawa Oku di University of Tokyo, proses pemindaian buku dengan 250 halaman dapat dilakukan hanya dalam waktu satu menit.

Biasanya menciptakan versi digital sebuah buku dilakukan dengan dua pilihan proses, pemindaian manual yang lambat atau pemindaian berkecepatan tinggi. Sayangnya, pemindaian berkecepatan tinggi dilakukan dengan terlebih dahulu memotong setiap halaman buku sebelum dimasukan ke dalam scanner.

Robot kembangan laboratorium Ishikawa Oku yang diberi nama BFS-Auto mampu melakukan pemindaian berkecepatan tinggi tanpa harus merusak buku. Sesuai namanya—BFS (Book Flipping Scanning)—robot tersebut mampu membalikkan setiap halaman buku dengan kecepatan 250 halaman per menit. Selama proses pemindaian terjadi, BFS-Auto menangkap bentuk buku menggunakan teknologi 3D Sensing, serta mengubah konten ke dalam bentuk digital dengan resolusi 400ppi. Sesudahnya, robot tersebut akan memperbaiki bentuk lengkungan halaman yang tertangkap kamera sehingga tampilan buku digital menjadi sempurna.

BFS-Auto rencananya akan dipasarkan pada 2013 mendatang. Sayangnya, tidak ada detail mengenai harga maupun ketersediaan di masing-masing negara.

 

Random Articles
Back to Top