in: News | November 27, 2012 | by: Friska Suryawinata

Mannequin Toko Kini Bisa Mengintai Gerak-Gerik Pengunjung Toko

Sebuah perusahaan manekin Italia, Almax, kini tidak hanya membuat manekin untuk pajangan di toko semata. Almax juga telah mengembangkan manekin yang dilengkapi dengan kamera pengintai dan dinamakan EyeSee. Sepintas, EyeSee hanyalah sebuah manekin biasa yang memiliki bagian tubuh lengkap dari kepala hingga kaki. Namun pada sepasang matanya, manekin EyeSee dilengkapi kamera pengintai yang mampu memperhatikan para pengunjung toko secara akurat.

Kamera pengintai yang terdapat pada EyeSee ini memiliki fungsi yang hampir mirip dengan kamera pengintai buronan polisi. Kamera ini tidak hanya akan mengumpulkan data pengunjung saja, tetapi juga mengumpulkan data usia, jenis kelamin, ras, dan lain sebagainya dengan program face-recognition. Profil pengunjung toko yang didapat oleh manekin ini tersimpan secara rahasia, sehingga pengunjung toko tak perlu khawatir bahwa profil dirinya akan bocor secara umum.

Fungsi utama dari manekin EyeSee ini adalah sebagai pengumpul data mengenai pengunjung toko dan apa saja yang mereka lakukan jika berkunjung. Dengan manekin ini, pemilik toko dapat melihat langsung kondisi tokonya terutama di jam sibuk atau pada saat sale. Misalkan juga, pemilik toko dapat melihat barang-barang atau merk apa yang biasa dibeli oleh pengunjung sehingga pemilik toko bisa menggunakan data-data ini untuk pengembangan ekonomi tokonya tersebut.

Terdengar menakutkan, memang, karena takkan ada yang pernah menyangka bahwa sebuah manekin pun sekarang dapat memperhatikan gerak-gerik pengunjung toko. Namun manekin ini sudah sempat dijual untuk beberapa kota di Eropa dan Amerika Serikat pada bulan Desember tahun lalu. Jadi, jika Anda sedang berkunjung ke sebuah toko di kota-kota tersebut, siapa tahu Anda bisa menemukan manekin EyeSee ini.

Tags:

Share This:

Comments

RANDOM ARTICLES