LOGO
,

Meningkatkan Performa Notebook ASUS Murah dengan SSD

Part: 1 2 3

Kesimpulan

Apakah notebook entry level masih bisa ditingkatkan performanya dengan SSD, jawabannya adalah, YA. Sebuah notebook dengan harga kisaran 3jutaan, jika di-upgrade dengan SSD akan meningkat drastis performanya. Hasil pengujian singkat kami menunjukkan peningkatan performa dengan nilai yang fantastis.

Sekarang, pertanyaannya, apakah worthed kita meng-upgrade notebook entry-level dengan SSD? Mari kita berhitung nilai positif dan negatif dalam upgrade SSD kali ini:

Negatif:

-          Harga total sistem menjadi berkisar 4 jutaan. Pada level harga tersebut, kita sudah bisa membeli notebook dengan Core i3   (meski dengan harddisk).

-          Meski sistem meningkat drastis performanya, storage internal berkurang jauh.

Positif:

-          Respons sistem yang kencang membuatnya nyaman dipakai sehari-hari.

-          Performa komputasi meningkat drastis, hingga ke level di mana upgrade prosesor pun tidak bisa menghasilkan peningkatan setinggi yang diperoleh dengan SSD. Notebook ini, “tiba-tiba” menjadi sistem yang nyaman untuk kebutuhan editing multimedia.

-          Storage internal memang berkurang, akan tetapi storage secara keseluruhan bertambah. Ini disebabkan Anda masih bisa menggunakan harddisk aslinya sebagai harddisk eksternal untuk menyimpan data-data besar.

-          Notebook kini menjadi lebih tahan banting karena sifat SSD yang tidak rentan terhadap guncangan.

 

Nah, bagaimana ini? Semua kembali pada kebutuhan kita. Sebuah notebook dengan Core i3 tentu memiliki performa komputasi yang berbeda dan kemampuan multitasking lebih baik. Akan tetapi, SSD sudah sukses membuat notebook murah ini menjadi sangat nyaman digunakan. Bahkan notebook dengan Core i3 tidak sanggup melakukan booting Windows 7 atau membuka file gambar berukuran besar, secepat X44H yang sudah diupgrade dengan SSD ini. Akan tetapi, akan ada aplikasi-aplikasi yang diuntungkan dengan prosesor Core i3. Contohnya, aplikasi konversi video, dsb.

Jadi, pada akhirnya akan ada dua kemungkinan yang bisa Anda pilih:

  1. Apabila Anda jarang membawa notebook dan masih mungkin bisa meng-upgrade notebook lagi dalam waktu dekat, hindari saja solusi ini dan ambil notebook Core i3. Lalu, menabunglah untuk membeli SSD dalam rangka meng-upgrade notebook Core i3 Anda.
  2. Bagi Anda yang membutuhkan fungsi mobilitas dari notebook ini, upgrade ke SSD akan memberikan pengalaman yang terbaik. Mobilitasnya menjadi terasa lebih aman. Mengangkat atau memindahkan notebook dalam kondisi hidup, tidak akan membahayakan data di dalam notebook. Mau mengetik di dalam kendaraan? Itu pun bisa dilakukan dengan aman setelah menggunakan SSD. Pada dasarnya, SSD berhasil dengan sukses membuat notebook murah ini menjadi jauh lebih fungsional sebagai sarana komputasi mobile.

Catatan: Perlu diingat, bahwa yang kami uji ini adalah notebook, bukan netbook. Meski murah, Intel Celeron di dalam ASUS X44H ini masih tergolong ke dalam prosesor Sandy Bridge. Hasil yang kami peroleh di sini seharusnya tidak mencerminkan hasil yang bisa diperoleh dengan netbook dengan prosesor yang jauh lebih lambat.

Part: 1 2 3
Random Articles
Back to Top