LOGO
,

NVIDIA GeForce 700 dan AMD Radeon HD 8000 Series Sudah Tersedia?

NVIDIA GeForce 700 dan AMD HD 8000 series sudah tersedia dipasaran? Ya, Anda tidak salah membaca judul diatas. Tetapi jika Anda menunggu mengenai kehadiran graphics card NVIDIA dan AMD untuk kelas desktop, mungkin Anda harus menunggu beberapa waktu lagi, karena graphics card yang kami maksud pada berita ini adalah graphics card discrete yang digunakan pada platform mobile (notebook).

Menurut informasi yang kami dapatkan dari Videocardz, sebuah toko online di Jerman sudah menjual beberapa notebook yang menggunakan graphics card dengan chipset GPU NextGen ini. Seperti salah satunya yang tertera pada spesifikasi notebook Acer Aspire V3, disebutkan bahwa hardware pengolah grafis didalam notebook ini sudah menggunakan GeForce GT 730M, dengan prosesor Core i5 dan Operating System Windows8.

Acer Aspire V3

Selain jumlah 2GB RAM yang digunakan, belum ada data yang menunjukkan spesifikasi jelas dari GPU GeForce GT 730M ini. Beberapa pengamat memperkirakan jika GPU ini hanya sekedar rebrand dari chip GPU GT 630M sebelumnya, namun ada beberapa juga yang tidak meragukan jika GPU ini memang menggunakan basis Kepler terbaru.

ASUS Vivobook U38T

Masih dari source yang sama, disebutkan juga sebuah notebook ASUS Vivobook U38T pada tabel spesifikasinya sudah dilengkapi dengan GPU dicrete Radeon HD 8550M, dan terintegrasi juga dengan Radeon HD 7600G yang terdapat pada prosesor Trinity APU A8-4555M. Sama seperti GeForce GT 730M, Radeon HD 8550M ini juga memiliki kemungkinan sebagai GPU rebrand dari Radeon HD 7550M sebelumnya, atau mungkin juga GPU didalam notebook ini sudah menggunakan arsitektur GPU GCN 28nm terbaru dengan kode nama Mars/Oland.

Terlepas dari kemungkinan kedua graphics card NVIDIA dan AMD tersebut apakah sebuah rebrand ataupun sudah menggunakan teknologi/arsitektur baru, satu hal yang pasti NVIDIA dan AMD sudah mengizinkan penggunaan nama GT 700 dan juga HD 8000 untuk keperluan para vendor untuk memperkenalkan produk terbarunya.

 

 

Random Articles
Back to Top