in: Graphics Card - News | November 25, 2012 | by: Ridwan Fariz

Partner AMD Tidak Tertarik Untuk Menjual HD 7870 “Tahiti LE”?

Kami pernah mengabarkan mengenai graphics card HD 7800 yang berbasis Tahiti ini akan hadir pada tanggal 27 November besok dengan jumlah yang terbatas (limited). Kabar tersebut dikuatkan oleh salah satu sumber yang memberikan informasi kepada TechPowerUp, dikatakan bahwa banyak partner AMD yang tidak tertarik untuk menjual graphics card Radeon HD 7870 “Tahiti LE” ini, dan tidak mengherankan jika AMD menyebutkan bahwa keberadaan graphics card barunya ini akan dirilis dengan status “limited”. Belum ada keterangan jelas, mengapa para partner AMD ini enggan untuk merilis graphics card ini.

Kabar menarik lain juga sudah kami beritakan pada pertengahan minggu lalu, mengenai sebuah press release perkenalan graphics card HD 7870 Joker dari Club 3D, yang ternyata memiliki spesifikasi yang sangat mirip dengan rumor spesifikasi HD 7870/HD 7890(?) “Tahiti LE” sebelumnya. Jika benar graphics card ini adalah graphics card baru AMD tersebut, maka Club 3D melanggar jadwal rilis resmi AMD yang baru jatuh pada tanggal 27 November besok. Diketahui juga informasi bahwa Club 3D menggunakan OEM dari TUL, maka kemungkinan besar nama-nama partner AMD yang akan menjual graphics card Radeon ini seperti PowerColor, VTX 3D, atau mungkin juga Digital Alliance dari Indonesia?

Graphics card kelas Performance dari AMD yang masih berbasiskan fabrikasi 28nm ini, akan berada pada level diantara GTX 660 dan juga GTX 660 Ti. Dipersenjatai dengan total 1536 Shader (GCN) yang berjalan pada Core Clock 925 MHz hingga 975 MHz dengan PowerTune boost, dan memory 2GB 256-bit GDDR5 yang berjalan pada frekuensi efektif 6000 MHz, AMD cukup percaya diri untuk menghadapi kubu lawan (NVIDIA) dan sudah mengklaim bahwa graphics card miliknya ini akan memiliki performa 15% lebih kencang dari GTX 660, namun ditawarkan dengan harga yang kompetitif atau setara dengan GTX 660 tersebut (2 Jutaan rupiah).

Tags:

Share This:

Comments

RANDOM ARTICLES