LOGO

Prosesor AMD APU A-Series “Trinity” Desktop Resmi Diluncurkan di Indonesia

Mr. Brian Slattery

Mengambil lokasi pada sebuah mall di kawasan Senayan, AMD Indonesia mengundang beberapa kalangan media untuk menghadiri acara peluncuran prosesor APU generasi terbaru. Prosesor APU generasi kedua tersebut tidak lain adalah AMD A-Series dengan codename Trinity. Untuk mengenal lebih jauh mengenai prosesor AMD APU Trinity, Mr. Brian Slattery (Consumer Sales Director) dan Ms. Koh Wai San (Component Marketing Manager) menyajikan presentasi berisi berbagai keunggulan maupun feature andalan prosesor dengan proses fabrikasi 32 nm tersebut.

Ms. Koh Wai San

Beberapa kelebihan tersebut seperti prosesor AMD APU Trinity dilengkapi core prosesor maupun clock speed lebih tinggi dibandingkan kompetitor di kelas harga yang sama. Prosesor AMD APU Trinity terkencang saat ini dilengkapi 4 buah core prosesor dengan clock speed mencapai 4,2 GHz (Turbo Core 3.0). Bahkan clock speed tersebut masih dapat ditingkatkan hingga mencapai 6,5 GHz dengan melakukan overclocking ekstrim (prosesor AMD APU seri K).

Selain itu, prosesor AMD APU Trinity ini telah dilengkapi GPU terintegrasi seri HD 7000 dengan performa sekelas graphics card add-on. Alhasil dengan GPU tersebut pengguna memiliki pengalaman bermain game lebih baik dibandingkan GPU pada prosesor AMD APU terdahulu. Tidak saja memiliki performa unggul, GPU tersebut juga dilengkapi feature yang biasa dijumpai pada graphics card add-on milik AMD seperti Eyefinity (multi-monitor dengan 3 monitor atau lebih), DirectX 11, dan juga feature muti-GPU bernama Dual Graphics.

Prosesor AMD APU Trinity menggunakan soket prosesor tipe terbaru yaitu FM2. Soket FM2 dikabarkan akan tetap kompatibel dengan prosesor AMD APU generasi selanjutnya sehingga memudahkan proses upgrade bagi pengguna. Motherboard soket FM2 tersedia dengan chipset A85X, A75, dan A55. Motherboard tersebut kini dilengkapi AMP (AMD Memory Profile) untuk memudahkan pengguna menjalankan memori pada kecepatan lebih tinggi sehingga mampu meningkatkan performa keseluruhan sistem (1866 MHz dan lebih tinggi lagi).

Presentasi memang tidak lengkap dengan kehadiran demo produk. Kami pun disuguhi beberapa demo prosesor APU Trinity dengan menggunakan AMD A10-5800K seperti yang terlihat di bawah ini.

Mr. Ronaldo dari AMD Singapura mendemokan kemampuan Trinity saat menjalankan game Torchlight II dengan konfigurasi Eyefinity. Meskipun menggunakan 3 buah monitor, game ini ternyata masih mampu berjalan mulus pada frame rate sekitar 40 fps.

Sistem dengan prosesor A10-5800K ini sedang berpikir keras menyelesaikan benchmark SuperPi

Tentu saja AMD tidak mau ketinggalan memamerkan berbagai notebook dari berbagai produsen berbasiskan platform APU.

Notebook gaming besutan MSI ini dipersenjatai prosesor AMD APU Trinity Mobile berserta graphics card HD 7970M.

Meskipun baru resmi diluncurkan, prosesor AMD APU Trinity sendiri sudah malang melintang di toko komputer Indonesia sejak awal Oktober yang lalu. Model tertinggi yaitu A10-5800K bisa didapatkan di kisaran harga 1,2 juta rupiah. Tentu saja motherboard FM2 untuk prosesor ini juga sudah mulai bermunculan dari beberapa produsen motherboard ternama.

Random Articles
Back to Top