LOGO

Review Synology USB Station 2: NAS Terjangkau dengan Hard Disk Eksternal

Part: 1 2 3

Bagi Anda yang membutuhkan sebuah media penyimpanan data yang selalu menyala dengan biaya operasional yang rendah biasanya akan memilih menggunakan Network Attached Storage atau NAS dibandingkan dengan sebuah server. Walaupun begitu, harga sebuah NAS dengan feature yang lengkap memang tidak murah. Apalagi, kita harus membeli hard disk secara terpisah.

Berbicara mengenai murah tidaknya sebuah enclosure NAS, ada sebuah produk menarik yang datang dari Synology. Kami pun kedatangan sebuah sampel pengujian produk yang bernama USB Station 2. Lalu apa hubungannya NAS dengan USB ini? Apa yang unik dari enclosure NAS yang satu ini?

Perbedaan USB Station 2 dibandingkan dengan NAS enclosure lainnya adalah perangkat yang satu ini tidak membutuhkan hard disk internal untuk terpasang di sana. Pada NAS ini, pengguna diwajibkan mencolok satu atau dua buah hard disk eksternal untuk diakses melalui network. Oleh sebab itu, hard disk eksternal, USB flash disk, dan perangkat storage yang menggunakan USB lainnya yang umum sudah dimiliki dapat ditancapkan pada enclosure ini. Bahkan, NAS ini pun dapat ditancapkan sebuah printer untuk dijadikan print server.

Sebuah tombol unik ada pada sebelah kanan NAS ini. Layaknya pada sebuah sistem operasi, saat mencabut USB, hendaknya melakukan diskoneksi atau safe remove agar data yang ada pada hard disk tidak terpotong dan hilang. Tombol ini pun melakukan fungsi yang sama tersebut. Hal ini tentu saja untuk menghindari hilangnya data pada perangkat USB yang ditancapkan pada USB Station 2.

Lalu bagaimana dengan kinerja dari NAS yang satu ini? Sebelum kita melangkah lebih dalam lagi, mari kita lihat platform pengujian yang digunakan serta paket penjualan dari Synology USB Station 2 ini.

Platform Pengujian NAS Synology USB Station 2

Dalam menguji NAS, kami menggunakan komputer dengan spesifikasi seperti berikut ini

  • Motherboard: Intel H67 LGA 1155
  • Prosesor: Intel Core i3 2100 3,1 GHz
  • RAM: Kingston DDR3 8 GB

 

 

 

 

  • Graphics Card: AMD Radeon HD 5550
  • Power Supply: Corsair CX 500

 

 

  • Input Device: Genius Keyboard and Mouse
  • Monitor: 18,5 inch LCD
  • Sistem Operasi: Microsoft Windows 7 64 bit

Paket Penjualan

Pada saat datang ke meja pengujian tim Jagatreview, beginilah bentuk kemasan paket penjualan dari Synology USB Station 2.

Di dalam paket penjualan tersebut, dapat ditemukan perlengkapan-perlengkapan seperti di bawah ini.

Kabel LAN

Adaptor

CD Utility

Dokumentasi

Part: 1 2 3
Random Articles
Back to Top