in: Gadget - News | November 21, 2012 | by: Ridwan Fariz

Prosesor ARM 8 Core Siap Perkuat Smartphone dan Tablet Samsung!

Setahun kebelakang ini, kita sudah menyaksikan bagaimana perkembangan teknologi terutama dalam dunia gadget seperti smartphone dan juga tablet yang sudah diperkuat dengan otak prosesor empat inti (Quad Core). Layaknya sebuah komputer ataupun notebook yang mampu menjalankan heavy tasking, smartphone dan tablet saat ini juga sudah didesain untuk menjalankan aplikasi yang membutuhkan resource cukup besar, namun sebisa mungkin tetap menjaga efisiensi dayanya agar baterai tidak terlalu boros, karena konsep dasarnya sebuah gadget memang untuk bisa dibawa kemanapun (mobile).

Kali ini dipenghujung tahun 2012, dikabarkan bahwa Samsung sedang mengembangkan sebuah prosesor ARM dengan total delapan buah inti (Core) untuk jajaran Smartphone dan juga Tablet mereka nantinya. Perusahaan raksasa dari Korea ini akan memberikan detail mengenai prosesor SoC delapan core ini pada acara konferensi International Solid State Circuit bulan Februari mendatang.

Konsep penggunaan prosesor delapan core pada prosesor yang akan dipersiapkan samsung ini dinamakan big.Little yang sebelumnya pernah diperkenalkan oleh ARM. Delapan core prosesor ini terdiri dari A15 (Quad Core) dengan frekuensi 1.8GHz (2MB L2 cache) yang akan berjalan saat penggunaan heavy tasking, ditambah dengan A7 (Quad Core) yang berjalan pada kecepatan 1.2GHz yang akan aktif saat penggunaan aplikasi sehari-hari agar efisiensi daya yang digunakan lebih optimal. Konsep prosesor seperti ini juga sudah digunakan NVIDIA pada Tegra 3 dengan tambahan satu buah companion core, namun tentu saja teknologi yang ditawarkan Samsung ini jauh lebih menarik dan menjanjikan. Mungkin kita sudah bisa melihat beberapa smartphone dan juga tablet dari Samsung dengan prosesor berbasis 28nm ini pada pertengahan tahun depan. Sudah siapkah Anda meng-upgrade gadget yang dimiliki saat ini?

 

Tags:

Share This:

Comments

RANDOM ARTICLES