in: Digital Camera - News | November 12, 2012 | by: Bhisma Sidarto

Sigma Memperkenalkan Lensa 35mm f/1.4 Murah Dengan Koneksi USB

Lensa 35mm fixed dengan diafragma f/1.4 merupakan salah satu lensa idaman seorang photographer. Tetapi harga yang kadang menjadi penghalang untuk memiliki lensa jenis ini. Sigma sebagai salah satu produsen lensa ternama memperkenalkan lensa 35mm f/1.4 DG HSM dengan harga yang cukup jauh dibandingkan kompetitornya. Apa yang istimewa dari lensa ini? Mari kita lihat bersama!

Focal length 35mm bisa dikatakan salah satu yang populer diluar 50mm dan 85mm pada lensa fixed. Tentunya lensa macam ini hampir selalu memiliki diafragma yang cukup besar seperti f/1.4 dan f/1.8. Sayangny ketika kedua faktor diatas digabungkan maka harga lensa pun hampir tak mungkin murah. Sebagai contoh, sebuah lensa Nikon dengan tipe AF-S f/1.4G N harus ditebus dengan dana kurang lebih Rp. 18.8 juta sedangkan versi Canon dari lensa tipe tersebut yaitu EF 35mm f/1.4L USM dihargai sebesar Rp. 13 juta.

Dengan tujuan untuk membuat lensa 35m f/1.4 menjadi terjangkau, maka Sigma memperkenalkan produk terbarunya yaitu 35mm f/1.4 DG HSM. Bagi yang kurang familiar dengan akronim tipe lensa yang digunakan oleh Sigma, DG menandakan bahwa lensa ini dapat digunakan pada DSLR full frame  dan cropped sensor, sedangkan HSM menandakan bahwa lensa memiliki ultrasonic motor didalamnya sehingga autofocus bisa bergerak lebih cepat dan hening.

Lensa dibuat dengan matte finish agar lebih elegan, menggunakan low dispersion element dan multi layer flare reducing coating. Ditambah dengan diafragma dengan 9 bilah untuk menghasilkan bokeh yang lebih halus. Produk Sigma ini hadir bagi DSLR yang menggunakan mounting dari Nikon, Canon, Sony, Pentax dan tentunya Sigma.

Yang membuat lensa ingin sangat menggiurkan adalah harganya. Jika kompetitornya menjual produk mereka diatas angka Rp. 10 juta maka produk Sigma hanya perlu ditebus sebesar US $899 (kurang lebih Rp. 8.7 juta).

Tetapi ada hal yang lebih menarik selain dari harga lensa ini. Sigma menyediakan sebuah USB dock (dijual terpisah) untuk menghubungkan lensa ke sebuah komputer:

Dengan menggunakan sebuah program yang dinamakan SIGMA Optimization Pro, Anda dapat melakukan pengaturan seperti mengupdate firmware, mengatur fokus atau mengatur parameter-parameter lainnya sesuai kebutuhan Anda. Keren bukan !!

Lensa ini merupakan lensa pertama yang menawarkan konektivitas USB. Semua lensa produksi Sigma berikutnya yang dikeluarkan berdasarkan SIGMA Global Vision Line akan menganut fitur ini.

Dengan dukungan integrasi setting pada setting pada setiap lensa secara invidual membuka prospek baru dalam tweaking setting. Ini akan semakin memperkuat pandangan bahwa it’s all about glass !!

Sumber : Petapixel

Tags:

Share This:

Comments

RANDOM ARTICLES