LOGO

Tips Membuat Password Yang Tidak Mudah Ditebak

Untuk mengamankan data atau akun pribadi, kita membutuhkan sebuah password supaya tidak semua orang bisa mengakses data atau akun tersebut. Namun pada kenyataannya, tidak semua password yang Anda buat akan menjaga 100% data atau akun pribadi Anda. Para hacker tetap mampu untuk merentas password yang Anda miliki untuk bisa membuka akses data atau akun pribadi tersebut.

Bagaimana caranya kita bisa membuat password yang sulit untuk ditebak oleh orang lain? Berikut tips-tips yang bisa Anda ikuti:

  1. Hindari menggunakan password yang memiliki hubungan dengan Anda; seperti nama Anda, tanggal lahir, nama keluarga, warna kesukaan, dan apapun yang masih berhubungan dengan Anda. Hal pertama yang pasti akan dicoba oleh hacker adalah apapun yang masih berhubungan dengan Anda.
  2. Jangan pernah gunakan password yang sama untuk semua data atau akun pribadi Anda. Kebanyakan orang selalu menggunakan password yang sama untuk beberapa akun sekaligus, oleh karena itu perlu diingat untuk selalu gunakan password yang berbeda untuk setiap data atau akun pribadi Anda.
  3. Gunakan password yang panjangnya 14 karakter atau lebih dan menggunakan kombinasi angka serta huruf besar atau simbol. Dengan panjang dan bervariasinya kata password, maka akan semakin sulit untuk ditebak dengan mudah.
  4. Atau Anda juga bisa mengetik secara asal-asalan ketika membuat password. Kelemahannya, password Anda akan mejadi sulit untuk Anda ingat dan Anda perlu mencatatnya terlebih dahulu, tetapi sekaligus membuat password Anda menjadi sulit ditebak juga oleh para hacker.
  5. Hati-hati jika Anda membuka data atau akun pribadi di komputer selain komputer pribadi Anda. Komputer di Warnet atau sejenisnya terkadang memiliki program keylogger yang otomatis dapat langsung menyimpan password Anda saat mencoba untuk mengakses data atau akun pribadi Anda. Untuk menghindarinya, Anda bisa menggunakan Virtual Keyboard atau dengan sistem copy-paste, dengan mengetiknya terlebih dulu di Notepad lalu tinggal copy-paste ke dalam box input password.
Walau tidak menjamin 100% password Anda tidak akan pernah di-hack, setidaknya tips di atas bisa memberikan variasi pada password yang biasa Anda gunakan. Bagaimana dengan Anda? Apakah Anda memiliki tips yang lebih ampuh yang belum ada pada tips di atas? Anda boleh share tips juga untuk menjaga agar password milik Anda tetap aman dan tidak mudah ditebak di sini :)

Comments

  1. Ini password terkuat didunia, buatan asli anak bangsa :
    v
    v
    v
    v
    v
    v
    v
    ” C3mmun6uuDdth…”

    :D :D :D

  2. XAVOLIC says:

    Itu Tips no 4 Sy kgk berhasil2 -_-

Random Articles
Back to Top