in: News - Otomotif | November 8, 2012 | by: Ernest Dimitria

Volvo Pangkas Waktu Pengisian Daya Baterai Mobil Elektrik

Fitur pengisian daya baterai yang ekstra cepat bukan hal baru dalam industri TI. Sejumlah notebook telah mengusung fitur tersebut dan Volvo Car Corporation (VCC) hendak membawa teknologi serupa ke dalam jajaran mobil elektriknya.

Teknologi fast-charger kembangan Volvo diklaim mampu memangkas waktu pengisian ulang daya baterai mobil elektrik hingga 80%. Proses yang biasanya memakan waktu sekitar 8—10 jam, kini dapat dituntaskan hanya dalam waktu 1,5 jam.

*Image Souce: Autoblog Green.

“Kami menyadari bahwa kecepatan pengisian daya baterai dan jarak tempuh yang ekstensif merupakan hal penting bagi para calon konsumen mobil elektrik,” tutur Lennart Stegland, Vice President Electric Propulsion Systems VCC. Teknologi tersebut dapat menghilangkan kecemasan konsumen terhadap jarak tempuh, karena mereka dapat mengisi ulang daya baterai mobil dengan cepat, bahkan pengisian selama 30 menit menghasilkan jarak tempuh sejauh 80 kilometer, tambahnya.

Fast-charger berdaya 22 kW baru itu merupakan charger pertama yang beroperasi  dalam tiga fase dan akan dibenamkan dalam sejumlah mobil Volvo C30 Electric. Charger tersebut menyuguhkan dua pilihan cara pengisian daya, yaitu menggunakan outlet tiga fase dengan 32A yang mampu mengisi daya baterai dalam waktu 1,5 jam atau menggunakan outlet rumah dengan waktu pengisian daya antara 8—10 jam.

Apakah produsen mobil lain akan segera menghadirkan teknologi serupa? Mungkinkah fitur fast-charge serupa dapat meningkatkan angka penjualan mobil elektrik?

Tags:

Share This:

Comments

RANDOM ARTICLES