10 Film dengan Pendapatan Terbesar di 2012

Reading time:
December 29, 2012

Hollywood memang tidak pernah gagal melahirkan puluhan film berkualitas. Baik live-action atau animasi, reboot atau sekuel, adaptasi novel maupun komik, semuanya berhasil menghibur para penggemar film. Inilah 10 film dengan pendapatan terbesar di tahun 2012!

10. Brave (US$535,3 juta)

Brave

Pixar memang merupakan salah satu studio animasi terbesar di industri film, bahkan bisa dikatakan sebagai raja film animasi 3D. Lucu dan mengharukan selalu menjadi nilai-nilai yang bisa diharapkan dari Pixar, tidak terkecuali Brave yang menceritakan tentang kegigihan seorang putri untuk melawan tradisi yang menghasilkan malapetaka. Sayangnya buah kerja Pixar tahun ini hanya mampu menduduki peringkat terbawah dalam daftar ini.

9. Men in Black 3 (US$624 juta)

Men in Black 3

Selama alien masih hidup di tengah umat manusia, tugas Men in Black masih berlanjut, begitu pula petualangan Agent J dan Agent K yang diperankan oleh Will Smith dan Tommy Lee Jones. Kali ini aksi mereka turut dihiasi James Brolin yang memerankan versi muda Agent K. Film ini pun menandakan kembalinya Barry Sonnenfeld di kursi sutradara dan Steven Spielberg sebagai executive producer, sebuah kombinasi jitu yang berhasil menempatkan Men in Black 3 di peringkat kesembilan dalam daftar ini.

8. The Hunger Games (US$686,5 juta)

The Hunger Games

Kesuksesan franchise Harry Potter dan Twilight tampaknya mendorong Lionsgate untuk mengadaptasi salah satu novel remaja ke layar lebar. Novel yang dipilih adalah The Hunger Games karya Suzanne Collins. Dirilis pada bulan Maret tahun ini, The Hunger Games yang dibintangi Jennifer Lawrence (X-Men: First Class), Josh Hutcherson (Mysterious Island 2), dan Liam Hemsworth (The Expendables 2) berhasil menduduki peringkat kedelapan dalam daftar ini.

7. Madagascar 3: Europe’s Most Wanted (US$742,1 juta)

Madagascar 3 Europes Most Wanted 1

Berbicara mengenai sekuel, Madagascar 3: Europe’s Most Wanted merupakan salah satu sekuel film animasi terbaik tahun ini. Petualangan seru para hewan dari kebun binatang New York tersebut kini dilakukan di Eropa. Alex, Marty, Melman, dan Gloria pun bertemu dengan grup sirkus yang diambang kebangkrutan, serta seorang penjinak hewan bernama Dubois menghadirkan sisi laga yang lucu dan seru.

6. The Amazing Spider-Man (US$752,2 juta)

The Amazing Spider Man

Trilogi Spider-Man yang diperankan oleh Tobey Maguire diawali dengan installment yang spektakuler. Namun, kualitas trilogi tersebut berangsur menurun dan menghasilkan film terakhir yang tidak memuaskan. Kehadiran Venom pun tidak membantu mendongkrak kualitas film tersebut. Untungnya, franchise Spider-Man dihidupkan kembali oleh sutradara Marc Webb dan aktor Andrew Garfield yang menyandang identitas sebagai Peter Parker. Menariknya, gaya seronok Peter saat bertarung di balik kostum Spider-Man, seperti yang diperlihatkan dalam komik dan serial kartunnya, lebih terlihat dalam film ini, dan itu merupakan satu nilai plus yang patut diperhatikan.

5. The Twilight Saga: Breaking Dawn Part 2 (US$795,2 juta)

Twilight Saga Breaking Dawn Part 2

Kulit berkilau di bawah terpaan sinar matahari merupakan hinaan besar terhadap karakter vampir. Ditambah dengan nuansa roman picisan yang dihadirkan dalam Twilight menjadikan franchise tersebut sebuah karya yang perlu dihindari. Namun, tidak ada yang bisa memungkiri kenyataan bahwa franchise Twilight memiliki daya tarik yang kuat di kalangan remaja. Apa pun alasannya, baik cerita yang romantis ataupun rangkaian pemerannya, film tersebut masih menarik minat banyak penonton di seluruh dunia. Bahkan skandal perselingkuhan antara Kristen Stewart dengan sutradara Snow White and the Huntsman tidak cukup untuk merobohkan popularitas franchise tersebut.

4. Ice Age: Continental Drift (US$875,1 juta)

Ice Age 4 Continental Drift 3

Kisah yang mengharukan memang hanya hadir di installment pertama Ice Age. Namun, gelak tawa masih bisa diharapkan di setiap sekuelnya, termasuk di Ice Age: Continental Drift. Kembalinya Manny sang mammoth, Diego sang macan sabertooth, dan Sid sang kungkang mendapat sambutan hangat dari para penggemar Ice Age dan film animasi.

3. Skyfall (US$978 juta)

skyfall07

Memasuki usianya yang ke-50 di layar lebar, franchise James Bond kedatangan film terbaru yang diberi judul Skyfall. Meskipun menuai banyak kritikan dari para penggemar yang merindukan jumlah gadget dan waktu tampil Bond girl yang lama, film ke-23 ini masih mampu memperpanjang garis kehidupan Bond dan meraup pendapatan yang besar. Tidak hanya menempati peringkat ketiga dalam daftar ini, Skyfall pun berhasil memecahkan rekor Box Office Inggris hanya dalam waktu 40 hari.

2. The Dark Knight Rises (US$1.081 juta)

Batman

Empat trailer dengan belasan ikan TV dan featurette membuat penantian akan film ketiga, sekaligus penutup trilogi Batman garapan Nolan, ini terasa semakin sulit. Dengan beragam jenis teaser yang dicekokkan, harapan para penonton akan kualitas film ini semakin memuncak. Nolan pun menghasilkan film yang tidak mengecewakan dan The Dark Knight Rises menjadi film penutup trilogi yang sempurna. Dengan penantian yang begitu menyiksa dan kualitas film yang sangat memuaskan, cukup mengecewakan melihat posisi The Dark Knight Rises dalam daftar ini.

1. The Avengers (US$1.511,8 juta)

The Avengers

Meskipun dari segi cerita terhitung dangkal jika dibandingkan dengan The Dark Knight Rises, film musim panas yang penuh efek spesial memiliki daya tariknya sendiri. Itu terbukti dari pendapatan The Avengers yang menempatkannya di puncak daftar film dengan pendapatan terbesar tahun ini. Marvel pun sudah menyiapkan dua jagoannya dalam film tersebut—Iron Man dan Thor—untuk menghibur para penggemar film tahun depan.

Load Comments

Gadget

March 5, 2024 - 0

Review vivo V30: Lebih Murah, Lebih Kencang dan Irit dengan Snapdragon + 3 Kamera 50 MP

vivo V30 , smartphone ini juga dibawa vivo hadir resmi…
March 5, 2024 - 0

Review realme 12 Pro+ 5G: Smartphone Berkamera Tele Periscope Paling Murah!

Kalau kalian mencari smartphone mid range dengan kamera telephoto terbaik…
January 26, 2024 - 0

Review vivo Y100 5G: Desain Premium, AMOLED 120 Hz, 5G, Snapdragon BARU!

vivo Y100 5G, ini adalah smartphone terbaru dari jajaran vivo…
December 30, 2023 - 0

Review CMF Watch Pro: Smartwatch dengan Layar 1,96 Inci AMOLED dan Desain Unik

CMF Watch Pro dibanderol dengan harga Rp1.149.000. Dengan harga tersebut…

Laptop

March 7, 2024 - 0

Review MSI Prestige 13 AI EVO A1M: Laptop AI PC Super Tipis, Ringan, Kencang & Irit!

Kali ini kita kedatangan salah satu “AI PC” dari MSI.…
March 6, 2024 - 0

Review Axioo Hype 5 AMD: Laptop 5 Jutaan Sekencang & Selengkap Ini?

Laptop murah yang harganya 5 jutaan ini ternyata kuat juga…
March 5, 2024 - 0

Review ASUS Vivobook Pro 16X OLED K6604: Laptopnya Kreator Profesional!

Laptop ini cocok banget untuk cari duit terlebih bagi kalangan…
February 6, 2024 - 0

Rekomendasi Laptop Premium dari HP – Mulai 10 Jutaan

Di Video rekomendasi kali ini, kami coba pilihkan untuk kalian…

Gaming

March 7, 2024 - 0

Bukan CGI, Dragon’s Dogma 2 Gunakan Video Daging Asli untuk Animasi Memasak

Apalah arti sebuah game petualangan yang tidak mampu memberikan Anda…
March 7, 2024 - 0

Frostpunk 2 Rilis Juli 2024

Membangun kota seindah dan seefektif mungkin, menatanya serapi yang Anda…
March 7, 2024 - 0

The First Berserker: Khazan Pamer Gameplay Baru, Rasa Souls

Sulit untuk membantah bahwa teaser perdananya di The Game Awards…
March 7, 2024 - 0

Persona 3 Reload Dapat “The Answer”, Rilis Berbayar di September 2024

Apa yang berhasil dilakukan oleh ATLUS dan tim Persona dengan…