LOGO
,

AMD Tegaskan Tidak Akan Tinggalkan DIY PC Desktop Seperti yang Dilakukan Intel

Beberapa waktu lalu kita sudah mendengar kabar mengenai rumor prosesor Intel generasi setelah Haswell yaitu Broadwell tidak akan lagi memiliki keleluasaan bagi para pemiliknya untuk mengganti-ganti lagi prosesor yang didukung oleh platform tersebut sesuai keinginan lagi. Hal ini tidak bisa dilakukan lagi karena Intel (dirumorkan) akan mengemas prosesor yang mereka jual terintegrasi secara permanen pada motherboard atau disebut juga dengan istilah BGA (Ball Grid Array) yang menjadikannya hampir mustahil bagi para user untuk melakukan upgrade prosesor ataupun mengganti prosesor lamanya karena kerusakan ataupun masalah lainnya. Dari pihak Intel sendiri belum ada pernyataan resmi yang mengkonfirmasi ataupun menyangkal rumor tersebut.

Berbeda dengan Intel yang tidak menampik kabar langkah “Pembunuhan DIY PC” tersebut, pihak AMD justru secara tegas memberikan pernyataan bahwa mereka tidak akan meninggalkan pasar segmen DIY (Do It Yourself) PC dan akan terus melakukan support pada platform yang telah membesarkan nama AMD. Berikut statement yang diberikan Chris Hook dari AMD kepada Tech Report:
“AMD sudah memiliki sejarah yang panjang dalam mendukung DIY PC pasar enthusiast baik CPU dan APU yang memiliki kompatibilitas dengan berbagai produk motherboard dari para partner kami (AMD), dan tradisi tersebut akan kami lanjutkan baik pada tahun 2013 maupun 2014 mendatang dengan jajaran APU “Kaveri” dan FX CPU yang kami miliki. Hingga saat ini kami tidak memiliki rencana untuk beralih ke platform BGA only, dan kami akan terus mengembangkan dan melanjutkan dukungan pada segmen pasar yang sangat penting ini (DIY PC)”.

Statement resmi yang diberikan AMD tersebut setidaknya memberikan sedikit kelegaan bagi kalangan enthusiast PC yang senang melakukan utak-atik ataupun melakukan eksperimen kombinasi hardware seperti apa yang optimal untuk PC yang dimilikinya, seperti hobi yang juga dimiliki penulis sendiri. Mari kita berdoa saja semoga persaingan antar pembuat prosesor ini masih bisa terus berlanjut agar terhindar dari monopoli pasar yang pada akhirnya akan merugikan konsumen.

Random Articles
Back to Top