LOGO
,

Desain Kereta Baru di Jepang Siap Kalahkan Kecepatan Shinkansen

Beberapa dari kita mungkin sudah tidak asing dengan kereta bernama Shinkansen. Kereta buatan Japan Railways Group  ini merupakan salah satu kereta peluru tercepat dan terpopuler yang digunakan masyarakat Jepang sebagai sarana transportasi sehari-hari. Namun, benarkah kereta ini akan menjadi satu-satunya kereta tercepat di Jepang?

Berdasarkan berita yang kami sadur dari Phys.Org, Central Japan Railway Company telah mengemukakan desain terbaru mereka, yaitu kereta berbasis maglev (magnetic levitation) yang diduga akan jauh lebih cepat dibandingkan kereta Shinkansen. Desain prototype “Series L0″ dari kereta maglev ini akan memiliki kecepatan lebih dari 500km/jam dengan panjang 28 meter untuk bagian depan dan 14 meter untuk bagian hidung aerodinamisnya. Series L0 juga akan memiliki 14 gerbong dengan bagian akhir gerbong yang mampu memuat 24 penumpang, sedangkan sisanya akan mampu menampung 68 penumpang.

Kereta maglev ini diharapkan akan beroperasi pada tahun 2027 di jalur Stasiun Shinagawa di pusat Tokyo hingga ke stasiun Nagoya. Kereta tersebut diperkirakan dapat membawa para penumpang dari dua stasiun yang berjarak sekitar 320 km hanya dalam waktu 40 menit. Tentunya, waktu yang dibutuhkan jauh lebih sedikit dibanding kereta Shinkansen yang membutuhkan 90 menit untuk menempuh jarak yang sama. Pihak pengembang pun telah merencanakan penempatan kereta maglev ini untuk jalur kereta dari Tokyo hingga Osaka pada tahun 2045 setelah proyek untuk pusat Tokyo dan Nagoya tersebut telah selesai.

Random Articles
Back to Top