LOGO
,

Detail Awal Prosesor A10-6800K, Varian Terkencang AMD APU Richland

AMD memang tengah mempersiapkan prosesor APU generasi ketiga mereka dengan codename Richland. Beberapa waktu yang lalu kita memang telah mendengar beberapa detail awal mengenai prosesor ini. Beberapa diantaranya seperti AMD APU Richland akan tetap menggunakan arsitektur CPU Piledriver seperti Trinity dan juga penggunaan kembali soket FM2.

Belum lama ini, kami kembali mendapatkan kabar terbaru mengenai prosesor dengan proses fabrikasi 28 nm ini. Varian tertinggi sekaligus terkencang dari prosesor AMD APU Richland akhirnya mendapatkan nama dan nama tersebut adalah (sangat mudah ditebak!) A10-6800K, penerus A10-5800K. Tampaknya dapat dengan mudah ditebak nama varian lainnya jika menggunakan skema nama seperti ini.

AMD A10-6800K terdiri dari unit CPU quad-core dengan unit GPU AMD seri HD 8000. Belum diketahui arsitektur apakah yang dipergunakan oleh unit GPU tersebut. Apakah masih VLIW4 seperti Trinity atau sudah GCN seperti seri “Southern Island” HD 7000? AMD A10-6800K akan memiliki TDP sebesar 100 Watt dan mendukung kecepatan memori lebih tinggi yaitu 2133 MHz. Seperti diketahui kecepatan memori memegang peranan penting dalam performa keseluruhan prosesor APU dan dukungan kecepatan memori lebih tinggi tentu menjadi nilai lebih dari Richland. Sedangkan inisial K menandakan prosesor ini memiliki multiplier prosesor yang tidak dikunci sehingga memudahkan dalam melakukan overclocking.

Prosesor AMD APU Richland tampaknya akan memulai debutnya di pasaran pada bulan Juni 2013. Melihat waktu tersebut tampakanya prosesor ini akan memulai debut pertamanya ke hadapan publik pada ajang Computex 2013, seperti Intel Haswell. Tampaknya varian prosesor AMD APU Richland akan seperti Trinity dan juga Llano dimana terdapat varian dengan TDP 100 Watt dan 65 Watt disamping varian quad-core dan juga dual-core.

Apakah prosesor AMD APU Richland ini merupakan incaran Anda untuk meng-upgrade sistem lama Anda atau Anda memiliki alternatif lain? Satu hal yang kami harapkan dari prosesor ini adalah harga menarik dengan performa yang tidak kalah menarik.

Sumber

Random Articles
Back to Top