LOGO
,

Detail Awal Spesifikasi Prosesor Intel Haswell Kelas Mobile

Dikabarkan akan meluncur pada tahun 2013, rumor prosesor Intel Haswell mulai menyebar di dunia maya. Setelah rumor mengenai spesifikasi dan varian prosesor Intel Haswell versi desktop muncul, kali ini muncul rumor lainnya yaitu versi mobile untuk perangkat notebook. Inilah daftar varian awal prosesor Intel Haswell mobile yang di publish oleh website VR-Zone

*klik untuk memperbesar

Daftar awal prosesor Intel Haswell meliputi varian kelas atas yaitu Core i7. Terdapat 3 buah varian awal yaitu Core i7 4930MX, i7 4900MQ, dan i7 4800MQ. Tiga varian prosesor tersebut merupakan prosesor quad-core dengan 8 buah thread saat feature Hyper Threading diaktifkan. Semua prosesor tersebut dilengkapi graphics card terintegrasi Intel HD Graphics 4600 (versi sama seperti versi desktop) dengan spesifikasi clock sama satu sama lain kecuali pada Core i7 4930MX. Sementara itu, dukungan memori adalah dual-channel dengan maksimal clock sebesar 1600 MHz.

Di antara 3 buah varian prosesor tersebut, Core i7 4930MX memiliki beberapa keistimewaan dibandingkan lainnya. Selain dilengkapi clock speed lebih tinggi, prosesor ini memiliki multiplier yang tidak dikunci sehingga lebih mudah untuk di-overclock. Sementara itu dibandingkan lainnya, Core i7 4800MQ hanya dilengkapi L3 chace sebesar 6MB. Untuk TDP, varian teratas memiliki TDP sebesar 57 Watt dan 47 Watt untuk dua varian lainnya.

Melihat spesifikasi 3 varian prosesor Intel Haswell mobile di atas, tampaknya prosesor tersebut lebih ditujukan untuk notebook kelas atas seperti notebook gaming. Tentu saja kita tidak dapat berharap terlalu banyak bahwa notebook dengan prosesor ini akan memiliki harga terjangkau. Meskipun begitu, penampakan 3 buah varian ini kelas atas ini menandakan Intel masih menyimpan varian prosesor Intel Haswell mobile lainnya untuk kelas di bawahnya dengan harga lebih terjangkau. Prosesor Intel Haswell mobile tersebut diperkirakan akan diluncurkan pada April 2013, sama dengan peluncuran versi desktopnya.

Sumber

Random Articles
Back to Top