LOGO
,

Flight Simulator Boeing Kini Gunakan Display Ultra High-Res

Produsen pesawat terbang terkemuka asal Amerika Serikat, Boeing, mengumumkan upgrade terbaru untuk simulator pesawat terbangnya. Sistem flight simulator yang disebut Constant Resolution Visual System (CRVS) pertama kali diperkenalkan pada tahun 2009. CRVS mendapat upgrade terbaru yang diumumkan pada ajang Interservice/Industry Training, Simulation and Education Conference di Orlando.

Boeing meng-upgrade tampilan dalam simulatornya dengan teknologi proyeksi e-Shift 8K dari JVC. Tampilan visual tersebut didesain mengelilingi pilot dan kokpit dalam bentuk yang menyerupai cangkang telur sehingga tampilan tersebut menghadirkan pemandangan luar jendela dengan tampilan resolusi hampir empat kali lipat dengan resolusi berdefinisi tinggi tersebut.

Dalam mendesain CRVS, Boeing tidak menggunakan sistem lain untuk menghadirkan bidang sudut pandang tanpa terinterupsi. Boeing menggunakan sejumlah proyektor untuk menekan biaya, serta sistem yang kompatibel dengan beberapa jenis proyektor komersial off-the-shelf dan beragam generator gambar.

Dengan menggunakan teknologi e-Shift dari JVC yang pada dasarnya menggunakan algoritma khusus untuk menghasilkan sub-pixel yang mengisi ruang hitam di antara pixel lainnya, resolusi dan kepadatan proyektor hampir berlipat ganda, baik secara horizontal maupun vertikal, sehingga menghasilkan gambar yang mendekati resolusi 8K dari proyektor 4K tersebut.

Menurut Barry Kuhlmann, manajer teknisi Visual System Boeing, CRVS sebelumnya dikenal mampu menghasilkan resolusi tertinggi dengan biaya terendah di pasaran. Sekarang, dengan proyektor e-Shift dari JVC, CRVS melompat maju dalam hal performa visual dan akurasi untuk melatih para pilot militer dalam lingkungan yang aman, tetapi tetap realistis.

Pihak Boeing juga menyatakan bahwa resolusi ekstra yang dihadirkan dengan teknologi e-Shift akan menghadirkan tingkat tambahan peredaman yang meningkatkan pengalaman berlatih dan membiarkan pilot untuk mengidentifikasi target virtual dalam jangkauan dunia nyata.

Proyektor JVC e-Shift 8K juga bisa dipasang dalam sistem yang sudah ada tanpa perlu melakukan modifikasi tambahan untuk layar atau strukturnya. Boeing juga menambahkan bahwa CRVS kompatibel dengan berbagai macam kokpit jet cepat dan sayap-putar, kacamata penerbang malam hari, serta berbagai head-mounted display yang ada saat ini dan masa depan.

Random Articles
Back to Top